Sopir Tabrakkan Mobilnya ke Kafe di Belgia, 6 Orang Terluka

ADVERTISEMENT

Sopir Tabrakkan Mobilnya ke Kafe di Belgia, 6 Orang Terluka

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 27 Agu 2022 05:06 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Brussel -

Seorang sopir menabrakkan mobilnya ke salah satu kafe di Ibu Kota Brussel, Belgia. Tindakan pelaku ini menyebabkan 6 orang mengalami luka-luka.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (27/8/2022), sopir mobil jenis van itu melarikan diri usai menabrakkan mobilnya ke salah satu kafe yang tengah padat pengunjung di Ibu Kota Brussel. Tak lama setelah kejadian, seorang tersangka yang diduga pengemudi mobil tersebut pun ditangkap di kota pelabuhan utara Antwerp.

Meski begitu, pihak kejaksaan Belgia mengatakan tidak yakin apakah insiden itu merupakan kecelakaan atau serangan. Otoritas setempat masih menyelidiki insiden itu.

"Penyelidikan masih berlangsung untuk mengklarifikasi keadaan yang sebenarnya. Pada tahap ini berbagai jalur penyelidikan masih terbuka dan motif tersangka belum diketahui," kata juru bicara kejaksaan Brussel, Willemien Baert.

Namun demikian, Willemien menyebut terdapat bukti adanya serangan yang pernah dilakukan pelaku di masa lalu. Akan tetapi, dia menyebut ada kemungkinan insiden itu hanya kecelakaan.

"Buktinya memang mengingat serangan yang pernah dilakukan di masa lalu, tapi untuk saat ini belum bisa dipastikan itu serangan, kemungkinan itu hanya kecelakaan," katanya kepada wartawan.

Berdasarkan informasi, Unit Koordinasi Pelacakan Terorisme untuk Analisis Ancaman (OCAM) Belgia secara singkat menaikkan tingkat ancaman di ibu kota dari "sedang" menjadi "serius" -- dari dua menjadi tiga pada skala empat. Tetapi tingkat itu turun kembali ke tingkat menengah beberapa jam kemudian.

"Setelah para pejabat menemukan elemen-elemen yang meyakinkan dalam penyelidikan mereka," kata seorang juru bicara OCAM kepada AFP.

Sementara itu, awalnya, pihak kepolisian Belgia mengatakan terlalu dini untuk berspekulasi apakah pengemudi sengaja menargetkan pengunjung. Tetapi penyelidik menemukan van ditinggalkan di dekat tempat kejadian.

"Sesaat sebelum pukul 1 siang, sebuah van melaju ke teras di jalan Saint Michel. Pengemudi melarikan diri dengan kendaraannya, layanan darurat sangat cepat di tempat," kata seorang juru bicara kepada AFP.

"Ada enam luka ringan yang dirawat di tempat kejadian," katanya.

Tak hanya itu, Wali Kota Brussel, Philippe Close, juga buka suara terkait kejadian itu. Dia mengatakan kendaraan yang dikemudikan pelaku melaju dengan kecepatan tinggi.

"Yang pasti kendaraan itu melaju dengan kecepatan yang sangat tinggi," katanya.

Lihat juga video 'Tragedi Maut di Berlin, Mobil Tabrak Kerumunan-Buat 1 Nyawa Melayang':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT