Kontroversi PM Finlandia: Dugem Usai Kontak Pasien Corona-Viral Berpesta

ADVERTISEMENT

Kontroversi PM Finlandia: Dugem Usai Kontak Pasien Corona-Viral Berpesta

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Agu 2022 22:12 WIB
PM Finlandia Sanna Marin Pesta
Viral PM Finlandia Sanna Marin saat pesta (Foto: Twitter)
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Finlandia Sanna Marin kembali membuat kontroversi. Akhir tahun lalu dia ketahuan berpesta usai kontak dengan pasien Corona, kini video pesta liarnya viral.

Sabtu (20/8/2022), detikcom merangkum beberapa kegiatan Marin yang disorot. Setidaknya ada dua kegiatan Marin yang mendapat sorotan publik, sebagai berikut:

Clubbing Usai Kontak dengan Pasien Corona

Sekitar 4 Desember 2021, Sanna Marin pergi keluar ke Helsinki pada malam hari. Padahal beberapa jam sebelumnya dia bertemu dengan menteri luar negeri Finlandia yang dinyatakan positif Corona.

Marin awalnya diberitahu bahwa dia tidak perlu melakukan isolasi diri karena telah divaksinasi lengkap, tetapi kemudian melewatkan pesan yang menyarankan dia untuk melakukannya.

Dia lalu dikritik karena tidak isolasi diri sampai tes menyatakannya negatif COVID.

Perdana Menteri berusia 36 itu mengakui ada pesan teks yang menyarankan dia untuk menghindari kontak sosial yang dikirim ke ponsel kerjanya, yang dia tinggalkan di rumah sebelum pergi.

Ketika dia melihat teks itu pada hari Minggu, dia segera melakukan tes COVID dan hasilnya negatif.

Awalnya Marin membela tindakannya itu, dengan alasan bahwa dia telah mengikuti saran dari menteri luar negerinya, yang mengaku kena COVID.

Tetapi dalam sebuah postingan di Facebook pada hari Senin, Marin mengatakan bahwa dia seharusnya berpikir lebih bijak dengan mengikuti panduan yang sudah dibuat.

"Saya sangat menyesal karena tidak mengerti bahwa saya perlu melakukan panduan itu," tulisnya.

Marin langsung menghadapi kritik sejak sebuah majalah gosip menerbitkan foto-foto perdana menteri itu ada di sebuah kelab malam di Helsinki dengan teman-temannya saat itu.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT