ADVERTISEMENT

Pulihkan Hubungan dengan Israel, Turki Janji Akan Terus Bela Palestina

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 20:35 WIB
Israel is urging citizens visiting to Turkey to leave immediately the popular tourist destination over threats of attack by Iranian operatives JACK GUEZ AFP/File
ilustrasi (Foto: JACK GUEZ AFP/File)
Jakarta -

Turki dan Israel berbaikan kembali. Pemerintah Turki menyatakan keputusannya untuk memulihkan hubungan diplomatik dengan Israel setelah satu dekade ketegangan, tidak berarti bahwa mereka akan menghentikan dukungannya untuk Palestina.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (17/8/2022), komentar Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu tersebut disampaikan beberapa saat setelah Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengumumkan dimulainya kembali hubungan diplomatik penuh yang mencakup penempatan kembali duta besar kedua negara.

Cavusoglu mengatakan keputusan itu akan memungkinkan Turki untuk melobi kepentingan Palestina di Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem.

Kembalinya para duta besar "penting untuk meningkatkan hubungan bilateral," kata Cavusoglu, menambahkan: "Seperti yang selalu kami katakan, kami akan terus membela hak-hak Palestina."

Diketahui bahwa Turki tidak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan kedutaan besarnya terletak di Tel Aviv.

Cavusoglu mengatakan duta besar Turki akan ditunjuk setelah sebuah daftar disampaikan kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Sebelumnya, Perdana Menteri (PM) Israel Yair Lapid mengatakan pada hari Rabu (17/8) bahwa pemerintahnya akan memulihkan hubungan diplomatik penuh dengan Turki, setelah bertahun-tahun hubungan tegang antara negara-negara Mediterania tersebut.

Lihat juga video 'Dubes Palestina ke PBB: Kapan Serangan Israel Disudahi?':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT