ADVERTISEMENT

Pria Palestina Ditembak Mati Usai Coba Tikam Tentara Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 17:27 WIB
Ilustrasi penembakan tentara Israel
Ilustrasi (dok. Zaki Alfarabi/detikcom)
Yerusalem -

Seorang pria Palestina ditembak mati dalam penggerebekan yang dilakukan tentara Israel di wilayah Yerusalem Timur pada Senin (15/8) pagi. Pria Palestina itu ditembak saat berupaya menikam seorang tentara Israel di lokasi penggerebekan.

"Seorang tersangka yang berusaha menikam para pejuang kami telah dinetralkan," demikian pernyataan Kepolisian Israel, seperti dilansir AFP, Senin (15/8/2022).

Kantor berita Palestina, WAFA, mengidentifikasi pria yang tewas sebagai Mohammed al-Shaham yang berusia 21 tahun.

Disebutkan bahwa Al-Shaham dinyatakan meninggal akibat luka-lukanya setelah dibawa ke sebuah rumah sakit militer Israel.

Penembakan itu terjadi saat Polisi Perbatasan Yerusalem melakukan penggerebekan untuk mencari persenjataan di desa Kafr Aqab, yang merupakan bagian dari Yerusalem Timur yang dicaplok Israel, namun terletak di sisi pembatas keamanan Tepi Barat.

Ayah pria yang tewas, Ibrahim al-Shaham, seperti dikutip WAFA, menyebut polisi perbatasan 'menembak putranya di bagian kepala dari jarak dekat'.

Sang ayah juga mengklaim bahwa para polisi 'kemudian membiarkan putranya mengalami pendarahan tergeletak di atas tanah selama 40 menit sebelum menangkapnya dan kemudian mengumumkan kematiannya'.

Kepolisian Israel tidak menyebut lebih lanjut apakah mereka menemukan senjata di dalam rumah yang digerebek.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) baru Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Hussein al-Sheikh, berargumen bahwa 'eksekusi kriminal ... pantas mendapatkan penyelidikan internasional segera dan mendesak'.

Simak juga 'Gadis Kecil Gaza Ceritakan Pengalamannya Diserang Misil Israel':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT