Ternyata Dokumen Ini yang Dicari FBI Saat Geledah Kediaman Trump

ADVERTISEMENT

Ternyata Dokumen Ini yang Dicari FBI Saat Geledah Kediaman Trump

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 11:51 WIB
House of Representatives (HOR) atau DPR AS mulai mempertimbangkan pemakzulan kedua Donald Trump. Ia secara resmi dituduh menghasut pemberontakan dan penyerbuan para pendukungnya di gedung parlemen, Capitol Hill, Rabu (6/1/2021) lalu.
Mantan Presiden AS Donald Trump (dok. AP Photo)

Keputusan Garland untuk secara publik mengonfirmasi penggeledahan itu tergolong sangat tidak biasa. Para pejabat penegak hukum AS biasanya tidak membahas penyelidikan yang tengah berlangsung demi melindungi hak orang-orang.

Dalam kasus ini, Trump sendiri yang mengumumkan adanya penggeledahan di kediamannya dalam pernyataan yang dirilis Senin (8/8) malam waktu setempat.

Garland mengatakan bahwa Departemen Kehakiman AS meminta agar surat perintah penggeledahan diungkap ke publik 'mengingatkan konfirmasi publik yang disampaikan mantan presiden soal penggeledahan itu, situasi di sekitarnya dan kepentingan publik yang substansial dalam masalah ini'.

Seorang sumber yang memahami isu tersebut menyebut FBI menyita sekitar 10 kotak dari kediaman Trump saat penggeledahan itu. Trump sendiri tidak sedang berada di Florida saat kediamannya digeledah.


(nvc/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT