Rusia Luncurkan Satelit Iran ke Orbit, AS Tuding Dipakai Memata-matai

ADVERTISEMENT

Rusia Luncurkan Satelit Iran ke Orbit, AS Tuding Dipakai Memata-matai

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 14:53 WIB
Satelit radar mata-mata
Foto: Ilustrasi satelit (South China Morning Post)

Iran Bantah Tudingan untuk Mata-mata

Kepala Badan Antariksa Iran, Hassan Salarieh, mengatakan bahwa tuduhan mata-mata itu pada dasarnya kekanak-kanakan. Salarieh menekankan bahwa satelit itu digunakan untuk kepentingan Iran.

"Terkadang, beberapa komentar dibuat untuk memicu ketegangan; mengatakan bahwa kami ingin memata-matai dengan satelit Khayyam ... pada dasarnya kekanak-kanakan," katanya.

"Satelit Khayyam sepenuhnya dirancang dan dibangun untuk memenuhi kebutuhan negara dalam krisis dan manajemen perkotaan, sumber daya alam, pertambangan, pertanian, dan sebagainya," imbuh Salarieh.

Menjelang peluncuran, ada spekulasi bahwa Rusia mungkin meminjam satelit Iran untuk meningkatkan pengawasannya terhadap target militer di Ukraina.

Pekan lalu, The Washington Post mengutip pejabat intelijen Barat yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa Rusia berencana untuk menggunakan satelit selama beberapa bulan atau lebih untuk membantu upaya perangnya sebelum mengizinkan Iran mengambil alih.

Badan antariksa Iran menekankan pada hari Minggu bahwa mereka mengendalikan satelit sejak hari pertama sebagai reaksi nyata terhadap laporan Post.

Iran menegaskan program luar angkasanya hanya untuk tujuan sipil dan pertahanan, dan tidak melanggar kesepakatan nuklir 2015, atau perjanjian internasional lainnya.


(mae/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT