ADVERTISEMENT

Geger Polisi Peru Gerebek Istana Kepresidenan, Ada Apa?

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 18:15 WIB
Lima -

Kepolisian Peru bersama jaksa setempat menggerebek Istana Kepresidenan di ibu kota Lima dalam upaya menangkap saudara ipar Presiden Pedro Castillo. Yenifer Paredes yang merupakan saudara ipar Castillo tengah diselidiki atas kasus dugaan korupsi dan pencucian uang.

Seperti dilansir AFP, Rabu (10/8/2022), upaya penangkapan Paredes itu gagal dilakukan. Setelah melakukan penggeledahan dan pencarian selama nyaris empat jam, personel kepolisian dan jaksa meninggalkan Istana Kepresidenan Peru tanpa menemukan keberadaan Paredes, yang sekarang tampaknya menjadi buronan.

Penggerebekan itu menjadi operasi kepolisian yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan dilakukan setelah kantor jaksa setempat meminta 'penggerebekan' terhadap 'area kediaman istana pemerintahan'.

Paredes yang berusia 26 tahun, diketahui tinggal bersama Castillo dan keluarganya di kediaman kepresidenan yang ada di kompleks istana pemerintahan Peru.

Penggerebekan yudisial juga dilakukan secara serentak di beberapa lokasi lainnya di Lima. Jose Nenil Medina yang menjabat Wali Kota dari salah satu kota di Provinsi Chota -- daerah asal Castillo, juga pengusaha Hugo dan Angie Espino yang bersaudara ditangkap atas dugaan keterlibatan dalam kasus korupsi yang sama.

Pengadilan Peru memberikan izin untuk penahanan awal selama 10 hari terhadap mereka yang diduga terlibat.

Paredes sebelumnya dipanggil untuk memberikan keterangan di hadapan jaksa setempat dan dipanggil untuk hadir di hadapan komisi Kongres Peru pada pertengahan Juli lalu. Kantor jaksa setempat telah membuka lima penyelidikan terhadap Castillo, yang juga terseret tuduhan korupsi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT