ADVERTISEMENT

Giliran Taiwan Gelar Latihan Militer di Tengah Ketegangan dengan China

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 17:15 WIB
Bendera Taiwan
ilustrasi
Jakarta -

Taiwan akan mengadakan latihan militer minggu ini yang mensimulasikan pertahanan pulau itu dari invasi China. Latihan ini akan digelar seiring Beijing melanjutkan latihan militernya di sekitar Taiwan.

Pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu terus-menerus hidup di bawah ancaman invasi oleh China, yang melihatnya sebagai bagian dari wilayah China yang akan direbut suatu hari nanti, bahkan jika perlu dengan paksa.

Dilansir dari kantor berita AFP, Senin (8/8/2022), militer Taiwan mengatakan, pasukan pulau itu akan mengadakan latihan anti-pendaratan di wilayah paling selatan, Pingtung pada Selasa dan Kamis mendatang.

"Kami akan berlatih gerakan balasan terhadap simulasi serangan musuh di Taiwan," Lou Woei-jye, juru bicara Korps Angkatan Darat Kedelapan, mengatakan kepada AFP.

Latihan tersebut akan mencakup pengerahan ratusan tentara dan sekitar 40 senjata howitzer.

Lou mengatakan latihan militer Taiwan tersebut sudah dijadwalkan dan tidak diadakan sebagai respons atas latihan militer China.

Taiwan secara rutin menggelar latihan militer yang mensimulasikan invasi China. Bulan lalu, Taiwan melakukan latihan memukul mundur serangan dari laut dalam "operasi pencegatan bersama" sebagai bagian dari latihan tahunan terbesarnya.

Simak video 'Aksi Teror Kapal Perang China di Perairan Taiwan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT