ADVERTISEMENT

Duta Besar Myanmar Meninggal Dunia di China

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 12:19 WIB
Ilustrasi bendera China/ebcitizen.com
Ilustrasi (dok. internet/ebcitizen.com)
Beijing -

Duta Besar Myanmar untuk China dilaporkan meninggal dunia pada Minggu (7/8) waktu setempat. Sang Duta Besar Myanmar ini terakhir kali terlihat mengunjungi sebuah kota perbatasan China-Myanmar sebelum meninggal.

Seperti dilansir Reuters, Senin (8/8/2022), laporan media lokal menyebut Duta Besar U Myo Thant Pe terakhir kali terlihat pada Sabtu (6/8) malam waktu setempat saat bertemu dengan seorang pejabat lokal di Provinsi Yunnan, China yang berbatasan dengan Myanmar.

Tiga sumber diplomatik menuturkan kepada Reuters bahwa U Myo Thant Pe meninggal dunia pada Minggu (7/8) waktu setempat, saat bepergian di wilayah Yunnan.

Menurut para sumber diplomatik itu dan berdasarkan laporan media lokal Myanmar, penyebab kematian diduga karena serangan jantung.

Belum ada pernyataan resmi dari Kedutaan Besar Myanmar di Beijing terkait laporan itu.

U Myo Thant Pe ditunjuk menjadi Duta Besar Myanmar untuk China pada akhir tahun 2019. Dia tetap menjabat setelah militer Myanmar melakukan kudeta dan mengambil alih kekuasaan pada Februari 2021 lalu.

Dia menjadi Duta Besar asing keempat yang meninggal di China dalam setahun terakhir.

Pada September lalu, Duta Besar Jerman Jan Hecker (54) meninggal dunia kurang dari dua pekan setelah ditugaskan ke Beijing. Kemudian pada Februari lalu, Duta Besar Ukraina Serhiy Kamyshev (65) meninggal dunia saat atau tak lama setelah berkunjung ke lokasi Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Pada April lalu, Duta Besar Filipina Jose Santiage 'Chito' Sta Romana (74) meninggal dalam karantina di Provinsi Anhui.

Simak juga 'Myanmar Tolak Kecaman Global Terkait Eksekusi 4 Aktivis Demokrasi':

[Gambas:Video 20detik]




(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT