ADVERTISEMENT

China Menggila di Perbatasan Bikin Mencak-mencak Taiwan

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 05 Agu 2022 20:01 WIB
China unjuk gigi usai Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan. Unjuk gigi itu dilakukan China dengan menggelar latihan militer besar-besaran.
Foto: China Unjuk Kekuatan Usai Taiwan Disambangi Pelosi (Lai Qiaoquan/Xinhua via AP)
Beijing -

China 'menggila' dengan melakukan latihan militer besar-besaran di dekat perbatasan Taiwan. Kondisi ini membuat Taiwan marah dan menyebut tindakan itu tidak bertanggung jawab.

Latihan militer besar-besaran mulai digelar China di sedikitnya enam zona perairan yang mengelilingi Taiwan. Sejumlah proyektil kecil terpantau ditembakkan dari wilayah China daratan ke perairan Selat Taiwan pada Kamis (4/8) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Kamis (4/8/2022), media pemerintah China melaporkan latihan militer besar-besaran itu dimulai pukul 12.00 waktu setempat. Latihan yang disebut melibatkan 'tembakan langsung' itu digelar di enam area utama di sekitar Taiwan.

"Enam area utama di sekitar pulau itu telah dipilih untuk latihan tempur yang sebenarnya ini dan selama periode ini, kapal dan pesawat terkait tidak seharusnya memasuki perairan dan wilayah udara yang relevan," demikian laporan televisi pemerintah China, CCTV.

Sejumlah jurnalis AFP yang ada di pulau perbatasan Pingtan menyaksikan langsung sejumlah proyektil mengudara di angkasa diikuti oleh kepulan asap putih dan suara ledakan keras sekitar pukul 13.13 waktu setempat.

AFP tidak dalam posisi untuk mengidentifikasi proyektil itu, yang menurut para jurnalis AFP, ditembakkan dari sekitar instalasi militer terdekat. Tidak diketahui juga sasaran tepat dari proyektil itu.

Militer China dalam pernyataannya menyebut pihaknya telah melancarkan serangan presisi secara terarah, yang melibatkan 'tembakan amunisi tajam jarak jauh', ke bagian timur Selat Taiwan sebagai bagian dari latihan yang direncanakan.

"Serangan presisi dilancarkan di area-area spesifik di bagian timur Selat Taiwan dan hasil yang diharapkan tercapai," demikian pernyataan Komando Zona Timur pada militer China.

11 Rudal Balistik Diluncurkan

Otoritas Taiwan menyebut total ada 11 rudal balistik Dongfeng yang ditembakkan oleh militer China ke perairan dekat wilayahnya. Taiwan menilai aksi China menembakkan rudal balistik ke lautan dalam latihan militernya itu meniru Korea Utara (Korut).

Seperti dilansir Reuters, Kamis (4/8/2022), Kementerian Pertahanan Taiwan dalam pernyataannya menyebut 11 rudal balistik Dongfeng itu diluncurkan oleh pasukan China.

Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan Taiwan juga menyebut rudal-rudal China itu diluncurkan dari dekat Kepulauan Matsu yang dikuasai Taiwan.

Laporan kantor berita Taiwan, Central News Agency (CNA), menambahkan bahwa Kementerian Pertahanan Taiwan memiliki 'pengetahuan instan' soal aktivitas peluncuran rudal China itu berkat adanya pengawasan dan pengintaian. Ditegaskan juga bahwa Taiwan terus memperkuat sistem pertahanan dan kesiapan tempurnya.

Lihat juga video '5 Matra Angkatan Perang China Kepung Taiwan di 6 Penjuru':

[Gambas:Video 20detik]



Presiden Taiwan geram. Simak berita selengkapnya



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT