ADVERTISEMENT

Taliban Selidiki Klaim AS Bunuh Pemimpin Al-Qaeda di Kabul

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 04 Agu 2022 14:13 WIB
Pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri dilaporkan tewas dalam serangan drone AS di Kabul, Afghanistan. Kematian Al-Zawahiri diumumkann oleh Presiden AS Joe Biden.
Peminpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri (dok. SITE INTELLIGENCE GROUP/ AFP)
Kabul -

Kelompok Taliban yang berkuasa di Afghanistan menyatakan tengah menyelidiki 'klaim' Amerika Serikat (AS) soal pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri tewas dalam serangan drone AS di Kabul. Hal ini mengindikasikan pemimpin Taliban tidak menyadari kehadiran Al-Zawahiri di wilayah yang dikuasainya.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (4/8/2022), para pejabat AS sebelumnya menyatakan Al-Zawahiri tewas dalam serangan dua rudal yang ditembakkan oleh drone militer AS saat dia berdiri di balkon rumah persembunyiannya di Kabul pada Minggu (31/7) waktu setempat.

Kematian Al-Zawahiri dikonfirmasi oleh otoritas AS, dengan seorang pejabat senior pemerintahan AS yang tidak disebut namanya menyatakan intelijen AS telah menetapkan dengan 'keyakinan tinggi' melalui berbagai saluran intelijen bahwa pria yang tewas adalah Al-Zawahiri.

AS menyebut kematian Al-Zawahiri sebagai pukulan terbesar bagi Al-Qaeda sejak kematian Osama bin Laden dalam operasi khusus AS di Pakistan lebih dari satu dekade lalu.

"Pemerintah dan kepemimpinan tidak mengetahui apa yang diklaim, juga tidak menyadari adanya jejak apapun di sana," ucap Suhail Shaheen yang ditunjuk menjadi perwakilan Taliban untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), yang berbasis di Doha, kepada wartawan via sebuah pesan.

"Penyelidikan sedang berlangsung sekarang untuk mencari tahu soal kebenaran klaim tersebut," tegasnya.

Dia menyatakan bahwa hasil penyelidikan Taliban nantinya akan diungkap ke publik.

Simak Video 'Al-Zawahiri Tewas di Kabul, Politisi AS Duga Al-Qaeda Bangkit di Afghanistan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT