ADVERTISEMENT

Warga Afghanistan Ragu Bos Al-Qaeda Tewas Dibunuh AS di Kabul

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 12:46 WIB
Pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri dilaporkan tewas dalam serangan drone AS di Kabul, Afghanistan. Kematian Al-Zawahiri diumumkann oleh Presiden AS Joe Biden.
Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri (Foto: ITE INTELLIGENCE GROUP / AFP)
Jakarta -

Warga Afghanistan terkejut mendengar pemimpin Al-Qaeda tewas di Kabul, ibu kota Afghanistan dalam serangan drone Amerika Serikat akhir pekan lalu.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (3/8/2022), sebagian warga Afghanistan bahkan meragukan, tidak percaya Ayman al-Zawahiri telah bersembunyi di tengah-tengah mereka.

"Itu hanya propaganda," cetus Fahim Shah (66), seorang warga Kabul kepada AFP.

Sebelumnya pada Senin (1/8) malam waktu setempat, Presiden AS Joe Biden mengumumkan pembunuhan Zawahiri, dengan mengatakan "keadilan telah ditegakkan" terhadap warga Mesir itu. Sosoknya diyakini telah membantu mengkoordinasikan serangan teroris 11 September 2001 di AS yang menewaskan nyaris 3.000 orang.

Seorang pejabat senior AS mengatakan bahwa pria berusia 71 tahun itu berada di balkon sebuah rumah tiga lantai di lingkungan kelas atas Sherpur di Kabul ketika menjadi sasaran dua rudal Hellfire pada hari Minggu (31/7) pagi waktu setempat.

"Kami telah mengalami propaganda seperti itu di masa lalu dan tidak pernah ada apa-apa di dalamnya," kata Shah.

"Pada kenyataannya, saya tidak berpikir dia terbunuh di sini," ujarnya.

Taliban mengakui sebelumnya pada hari Selasa (2/8) bahwa AS telah melakukan serangan pesawat tak berawak. Namun, Taliban tetapi tidak memberikan rincian korban- dan tidak menyebutkan nama Zawahiri.

Pada hari Minggu, kementerian dalam negeri telah membantah laporan tentang serangan pesawat tak berawak, tetapi juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan pada hari Selasa bahwa itu karena penyelidikan sedang berlangsung.

Warga Kabul, Abdul Kabir mengatakan bahwa dia mendengar serangan itu pada Minggu pagi, tetapi dia tetap meminta Amerika Serikat untuk membuktikan siapa yang tewas tersebut.

Simak video 'Penampakan Kepulan Asap di Lokasi Tewasnya Pimpinan Al-Qaeda di Kabul':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT