Panas! AS Umumkan Pengiriman Senjata Baru untuk Ukraina

ADVERTISEMENT

Panas! AS Umumkan Pengiriman Senjata Baru untuk Ukraina

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 11:56 WIB
Amerika Serikat mengirimkan senjata canggih untuk memperkuat Ukraina melawan Rusia. Salah satu senjata yang dikirim adalah sistem roket canggih M142 HIMARS.
sistem roket HIMARS (Foto: AFP/Fadel Senna
Jakarta -

Pemerintah Amerika Serikat kembali mengumumkan pengiriman persenjataan baru untuk pasukan Ukraina yang berperang melawan Rusia. Senjata tersebut termasuk amunisi untuk peluncur roket HIMARS dan senjata artileri.

Dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (2/8/2022), juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan kepada wartawan, paket baru senilai US$ 550 juta tersebut akan "mencakup lebih banyak amunisi untuk sistem roket canggih mobilitas tinggi atau dikenal sebagai HIMARS, serta amunisi untuk artileri".

Bantuan tersebut termasuk 75.000 butir amunisi artileri 155 mm, menurut pernyataan dari Pentagon.

"Untuk memenuhi persyaratan medan perangnya yang terus berkembang, Amerika Serikat akan terus bekerja dengan sekutu dan mitranya untuk menyediakan kemampuan utama bagi Ukraina," demikian pernyataan Pentagon atau Departemen Pertahanan AS.

Ini menjadikan total bantuan militer yang diberikan ke Ukraina sejak Presiden AS Joe Biden menjabat kini menjadi lebih dari US$ 8,8 miliar, menurut Pentagon.

Bantuan senjata sebelumnya dari Amerika Serikat ke Ukraina termasuk radar kontra-artileri, rudal anti-tank Javelin, helikopter buatan Uni Soviet, peluru dan kendaraan lapis baja ringan.

Kirby juga memuji pengiriman pertama gandum Ukraina yang berangkat dari pelabuhan Odessa pada hari Senin (1/8) waktu setempat.

Simak juga video 'Zelensky: Rusia Tak Memiliki Peluang untuk Menangkan Perang!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT