AS Kirim Lebih Banyak Sistem Roket HIMARS ke Ukraina

ADVERTISEMENT

AS Kirim Lebih Banyak Sistem Roket HIMARS ke Ukraina

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 21 Jul 2022 15:38 WIB
Washington DC -

Amerika Serikat (AS) berencana mengirimkan lebih banyak sistem roket presisi kepada Ukraina untuk membantu negara itu menghadapi invasi Rusia. Kiev sebelumnya mengakui jika pasokan senjata Barat, terutama roket jarak jauh AS, mampu mengubah keseimbangan di medan perang dengan Moskow.

Seperti dilansir AFP, Kamis (21/7/2022), rencana pengiriman lebih banyak sistem roket untuk Ukraina itu disampaikan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin saat berbicara kepada wartawan di Pentagon pada Rabu (20/7) waktu setempat.

Pengumuman itu disampaikan sehari usai Ukraina meminta AS mengirimkan lebih banyak Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142. Diklaim oleh Kiev bahwa pasukannya menggunakan sistem roket AS untuk menghancurkan sekitar 30 stasiun komando dan depot amunisi Rusia sejauh ini.

"Washington akan mengirimkan empat lagi sistem roket canggih HIMARS dengan totalnya mencapai 16 unit," ujar Austin kepada wartawan setempat.

"Ukraina telah memanfaatkan HIMARS dengan sangat baik, dan Anda bisa melihat dampaknya di medan perang," imbuhnya.

"Rusia terus melancarkan gempuran tanpa henti, dan itu merupakan taktik kejam yang mengingatkan kembali pada kengerian Peran Dunia I. Jadi Ukraina membutuhkan senjata dan amunisi untuk menahan gempuran ini dan menyerang balik," tegas Austin dalam pernyataannya.

Disebutkan juga bahwa AS akan mengirimkan amunisi Sistem Roket Multi Peluncuran Terarah (GMLRS) tambahan, yang bisa secara tepat menyerang target hingga sejauh 80 kilometer.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT