ADVERTISEMENT

Gempuran Rudal Rusia Tewaskan Taipan Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 05:31 WIB
Grain mogul Oleksiy Vadaturskyy and his wife, Raisa, died in a Russian attack on the city of Mykolaiv on Sunday. (Facebbok)
Oleksiy Vadatursky (Foto: Facebook)
Jakarta -

Pasukan Rusia terus menggempur Ukraina termasuk di kota selatan Mykolaiv. Pengusaha terkaya Ukraina dikabarkan meninggal dunia bersama istrinya setelah rudal menghantam rumah mereka.

Seorang pengusaha atau taipan biji gandum Ukraina yang tewas bersama istrinya, yakni Oleksiy Vadatursky (74). Dia pemilik Nibulon atau perusahaan pengekspor gandum, jagung dan bahan pangan lainnya yang memiliki kapal laut sendiri untuk mengirim ekspor. Sedangkan istrinya bernama Raisa.

Kematian Vadatursky dianggap sebagai kehilangan besar. Kontribusinya terhadap pengembangan industri pertanian sangat berharga, terbukti dari penghargaan yang pernah diterimanya sebagai 'Pahlawan Ukraina'.

"Kontribusi Vadatursky untuk pengembangan industri pertanian dan perkapalan, pengembangan kawasan sangat berharga," kata Gubernur Mykolaiv, Vitaliy Kim dikutip dari BBC, Senin (1/8/2022).

Seorang penasihat kantor Presiden Ukraina menduga Rusia sengaja membidik Vadatursky karena salah satu rudal menghantam kamarnya. "Tidak diragukan lagi sedang diarahkan," kata Mykhailo Podolyak.

Zelensky Sebut Kerugian Besar Bagi Ukraina

Vadatursky dan istrinya, Raisa, dikonfirmasi tewas akibat serangan rudal Rusia di kota Mykolaiv. Konfirmasi disampaikan oleh Gubernur Mykolaiv Vitaliy Kim dan kantor kepresidenan Ukraina.

Keduanya tewas di dalam rumah mereka yang ada di Mykolaiv. Vadatursky merupakan pemimpin dan pendiri perusahaan pertanian Nibulon. Nibulon salah satu perusahaan produsen dan eksportir biji gandum terbesar di Ukraina.

"Ini merupakan kerugian besar bagi wilayah Mykolaiv dan seluruh Ukraina," ucap Zelensky dalam pernyataannya menanggapi kematian Vadatursky dan istrinya.

"Selama lebih dari 50 tahun kariernya, Oleksiy Vadatursky telah memberikan kontribusi yang tidak ternilai bagi pembangunan wilayah tersebut dan pengembangan industri pertanian dan pembuatan kapal di negara kita," sebut Zelensky.

Lihat video 'Batalion Azov Akan Balas Dendam terhadap Serangan di Penjara Olenivka':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT