ADVERTISEMENT

5 Fakta Pangeran Charles Disebut Terima Belasan Miliar dari Osama

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 22:03 WIB
pangeran charles
Foto: Pangeran Charles (Reuters)
London -

Pangeran Wales, Charles, dikabarkan menerima uang sebesar Rp 18 miliar dari keluarga Osama Bin Laden. Kabar itu pun langsung dibantah oleh pihak Pangeran Charles.

Sumbangan itu diberikan kepada Yayasan Amal Pangeran Wales (PWCF) oleh Bakr bin Laden dan Shafiq bin Laden. Sejumlah sumber menyebut Pangeran Charles menerima sumbangan dari Bakr bin Laden meskipun ada keberatan dari para penasihat utama pada saat itu.

Berikut fakta-faktanya:

1. Disebut Terima Rp 18 Miliar

Sumbangan yang diterima Pangeran Charles disebut sebesar 1,2 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 18 miliar. Laporan media Inggris, Sunday Times, yang menyebut ahli waris takhta Kerajaan Inggris itu memediasi kesepakatan tahun 2013 untuk menerima sumbangan amal sebesar 1 juta Poundsterling dari saudara tiri mendiang Osama bin Laden.

2. Pemberi Sumbangan Saudara Osama bin Laden

Sumbangan kepada Yayasan Amal Pangeran Wales itu diberikan oleh saudara tiri mendiang Osama bin Laden, Bakr bin Laden. Bakr bin Laden merupakan mantan pemimpin perusahaan konstruksi Saudi Binladin Group yang berkantor di Jeddah, Arab Saudi.

Menurut dokumen pengadilan Amerika Serikat (AS), Osama bin Laden dikeluarkan sebagai pemegang saham perusahaan keluarga itu tahun 1993, ketika Bakr bin Laden menjadi pemimpinnya.

Baik Bakr maupun Shafiq bin Laden diketahui tidak memiliki hubungan apapun dengan aktivitas teror maupun muncul dalam daftar sanksi yang dirilis Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), juga pemerintah AS, Uni Eropa dan Inggris.

Osama bin Laden dikenal sebagai pendiri dan pemimpin kelompok militan Al-Qaeda, yang dinyatakan mendalangi serangan 11 September 2001. Dia tewas dalam operasi khusus Navy SEAL AS tahun 2011 lalu.

Selengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT