Menlu AS-Rusia Pertama Teleponan Sejak Invasi Ukraina, Bahas Apa?

ADVERTISEMENT

Menlu AS-Rusia Pertama Teleponan Sejak Invasi Ukraina, Bahas Apa?

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 30 Jul 2022 11:28 WIB
U.S. Secretary of State Antony Blinken stands with Russian Foreign Minister Sergei Lavrov before their meeting, in Geneva, Switzerland, January 21, 2022. Alex Brandon/Pool via REUTERS
Menlu AS Antony Blinken dan Menlu Rusia Sergei Lavrov saat berfoto bersama dalam pertemuan di Jenewa, Swiss, pada Januari 2022 (dok. Alex Brandon/Pool via REUTERS)
Washington DC -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dan Menlu Rusia Sergei Lavrov berbicara via telepon untuk pertama kalinya sejak Moskow menginvasi Ukraina pada akhir Februari lalu. Blinken menyebut percakapan dengan Lavrov itu 'terus terang'. Apa yang dibahas keduanya?

Seperti dilansir AFP, Sabtu (30/7/2022), percakapan telepon antara Blinken dan Lavrov itu berlangsung pada Jumat (29/7) waktu setempat. Blinken diketahui telah menghindari Lavrov sejak beberapa pekan terakhir.

Dalam percakapan telepon itu, Blinken menuturkan dirinya mendorong Rusia untuk membebaskan dua warga AS yang mereka tahan. Blinken juga mendesak Moskow untuk menerima tawaran Washington DC untuk melakukan pertukaran tahanan.

"Kami melakukan percakapan yang terus terang dan langsung. Saya menekan Kremlin untuk menerima proposal substansial yang kami ajukan untuk pembebasan Paul Whelan dan Brittney Griner," ucap Blinken kepada wartawan.

Presiden Joe Biden menghadapi tekanan publik yang semakin besar untuk mengupayakan pembebasan Griner, seorang bintang basket AS yang dipenjara karena kedapatan membawa minyak ganja, dan Whelan, seorang mantan Marinir AS yang dibui atas tuduhan spionase yang telah dia bantah.

Blinken menolak untuk menjelaskan lebih lanjut reaksi Lavrov atas dorongan AS itu. "Saya tidak bisa memberikan kepada Anda penilaian apakah saya pikir segala sesuatunya menjadi lebih mungkin atau kurang mungkin terjadi," ujarnya.

"Tapi penting bahwa dia mendengarnya secara langsung dari saya soal itu," imbuh Blinken.

Simak video 'Pasukan Ukraina Coba Pukul Mundur Rusia dari Kharkiv di Hari Kenegaraan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT