Disambut Hangat di Paris, Putra Mahkota Saudi Terima Kasih ke Macron

ADVERTISEMENT

Disambut Hangat di Paris, Putra Mahkota Saudi Terima Kasih ke Macron

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 17:09 WIB
French President Emmanuel Macron and Saudi Crown Prince Mohammed bin Salman shake hands ahead of a working dinner at the Elysee Palace in Paris, France, July 28, 2022. REUTERS/Benoit Tessier
Presiden Prancis Emmanuel Macron berjabat tangan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman dalam pertemuan di Paris (REUTERS/Benoit Tessier)

Sekutu Macron pun memberikan pembelaan dengan menyebut pertemuan itu secara luas digambarkan sebagai 'Realpolitik' yang menempatkan kebutuhan praktis di atas prinsip kebijakan luar negeri.

"Ada mitra-mitra, negara-negara yang tidak semuanya memiliki nilai demokrasi yang sama dengan Prancis. Tapi saya meyakini itu akan menjadi kesalahan untuk tidak berbicara, untuk tidak mencoba berbuat sesuatu," sebut Menteri Layanan Publik Stanislas Guerini, sekutu dekat Macron, kepada radio Europe 1.

Ditegaskan Guerini bahwa peran Macron sebagai presiden adalah 'melindungi rakyat Prancis'. "Nilai-nilai Prancis, suara Prancis, hak asasi manusia, dibawakan semalam, seperti biasa, oleh presiden," imbuhnya.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT