ADVERTISEMENT

Bertambah, Korban Tewas Usai Minum Miras Oplosan di India Jadi 36 Orang

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 04:25 WIB
Vinodbhai Jadavbhai Solanki is carried for treatment to civil hospital after falling sick from consuming spurious liquor, in Ahmedabad, India, Tuesday, July 26, 2022. At least 21 people have died and another 30 fallen sick from drinking spurious liquor in Indias western state of Gujarat, officials said Tuesday. Senior government official Mukesh Parmar said the deaths occurred in Ahmedabad and Botad districts of the state, where manufacturing, sale and consumption of liquor are prohibited. (AP Photo/Ajit Solanki)
Pesta miras di India menimbulkan korban jiwa (Foto: AP/Ajit Solanki)
New Delhi -

Pesta miras oplosan di India menimbulkan korban jiwa. Sebanyak 36 orang dilaporkan tewas.

Dilansir CNN, Kamis (28/7/2022), pesta miras itu berlangsung di distrik Botad dan Ahmedabad. Di daerah itu, pembuatan, penjualan, serta konsumsi minuman beralkohol adalah perbuatan ilegal.

"Sekitar 10 orang telah ditangkap dan sekitar 475 liter cairan telah ditemukan," kata direktur jenderal polisi Gujarat, Ashish Bhatia.

Salah satu pria yang ditangkap itu diketahui mencuri methanol dari sebuah pabrik di Gujarat dan menjualnya ke sepupunya. Sepupu pelaku lalu menjual lagi ke orang lain dan dioplos menjadi miras.

Tidak diketahui secara jelas bahan kimia apa yang dicampurkan ke dalam miras yang memakan banyak korban jiwa itu.

Metanol diketahui senyawa kimia yang dapat membuat seseorang mabuk namun dengan takaran tertentu, dapat menjadi racun. Meski ilegal, minum miras tetap menjadi populer di pedesaan miskin di India.

Harga miras ilegal lebih murah dan seringkali dicampur dengan bahan kimia seperti pestisida untuk meningkatkan kekuatannya. Miras ilegal juga menjadi industri yang sangat menguntungkan di India, di mana para produsennya tidak perlu membayar pajak dan bisa menjual produknya dalam jumlah besar kepada warga miskin dengan harga murah.

Tahun 2020 lalu, sedikitnya 120 orang tewas setelah mengonsumsi miras oplosan di Punjab.

Simak juga Video: Polisi Temukan 9 Jeriken Miras di TKP Ruko Babarsari

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT