ADVERTISEMENT

Ukraina 'Kompori' Eropa demi Balas 'Perang Gas' Rusia

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Jul 2022 07:08 WIB
Ukraines President Volodymyr Zelenskiy visits positions of Ukrainian service members, as Russias attack on Ukraine continues, in Dnipropetrovsk region, Ukraine July 8, 2022. Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS
Foto: Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky 'mengompori' Eropa untuk membalas 'perang gas' Rusia. Zelensky meminta sanksi-sanksi terhadap Moskow ditingkatkan.

"Hari ini kita mendengar ancaman gas baru ke Eropa ... Ini adalah perang gas terbuka yang dilancarkan Rusia melawan Eropa yang bersatu," kata Zelensky, menanggapi pengumuman Gazprom tentang pemangkasan pengiriman gas ke Eropa.

Seperti dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (26/7/2022), Gazprom, raksasa energi milik negara Rusia tersebut mengatakan akan mengurangi pengiriman gas harian ke Eropa melalui pipa Nord Stream menjadi 33 juta meter kubik per hari. Pengurangan itu diperkirakan mencapai 20 persen dari kapasitas pipa yang dimulai Rabu (27/7) waktu setempat.

Dikatakan menghentikan pengoperasian salah satu dari dua turbin yang beroperasi terakhir tersebut karena 'kondisi teknis mesin'. Pemerintah Jerman mengatakan tidak ada pembenaran teknis untuk pengumuman Gazprom tersebut.

Barat menuduh Moskow menggunakan energi sebagai senjata untuk pembalasan atas sanksi-sanksi yang diterapkan setelah Rusia menginvasi Ukraina. Terlebih, Eropa sangat bergantung pada sumber daya energi Rusia.

"Mereka tidak peduli apa yang akan terjadi pada rakyat, bagaimana mereka akan menderita -- kelaparan karena pelabuhan yang diblokir, akibat musim dingin dan kemiskinan... atau pendudukan. Ini hanya bentuk teror yang berbeda," kata Zelensky.

"Karena itulah kita harus membalas. Jangan pikirkan bagaimana mengembalikan turbin, tapi perkuat sanksinya," sambung pemimpin Ukraina itu.

Simak Video 'Zelenskiy: Rusia Berencana Hentikan Pasokan Gas untuk Teror Eropa':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT