ADVERTISEMENT

Brigita Manohara Bantah Punya Hubungan Khusus dengan Bupati Ricky

M Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 25 Jul 2022 20:27 WIB
Presenter TVOne Brigita Manohara penuhi panggilan penyidik KPK hari ini. Usai diperiksa, ia langsung diserbu sejumlah awak media.
Foto: Brigita Manohara (Grandyos Zafna/detik)
Jakarta -

Presenter tvOne Brigita Manohara membantah isu soal kedekatannya dengan Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak. Brigita memastikan dirinya tidak memiliki hubungan tertentu dengan tersangka kasus suap dan gratifikasi pelaksanaan berbagai proyek di Pemkab Mamberamo Tengah, Papua tersebut.

"Ini yang juga harus saya tekankan kepada teman-teman, setiap orang punya hak untuk mengklaim kenal, mengklaim merupakan pacar saya. Tetapi, di sini saya tegaskan bahwa saya tidak ada hubungan khusus," kata Brigita Manohara kepada wartawan di gedung KPK Merah Putih, Senin (25/7/2022).

Terkait hubungannya dengan Ricky Ham, lanjut Brigita, dia mengaku hanya mengenal tersangka saat menerima aliran dana dan hadiah dari Ricky Ham. Saat itu, Ricky Ham memberikannya sebagai bentuk apresiasi kepada Brigita selaku presenter dan konsultan komunikasi.

"Saya menyampaikan fakta, bahwa saya pernah mengenal tersangka dan saya pernah menerima aliran dana serta hadiah dari tersangka sebagai apresiasi atas profesi saya yakni, presenter dan konsultan komunikasi," jelasnya.

Kemudian, Brigita juga enggan menjawab soal komunikasinya dengan Ricky Ham. Dia mengaku telah menyampaikan hal itu kepada penyidik.

"Nanti bisa tanya ke penyidik (kapan terakhir komunikasi)," ucapnya.

Brigita juga sempat menjawab pertanyaan awak media terkait komunikasi terakhirnya dengan Ricky Ham. Dia mengaku terakhir kali berkontak dengan Ricky dalam waktu yang cukup lama.

"Udah lama," tutupnya.

Brigita Terima Uang dari Bupati Mamberamo

Diberitakan sebelumnya, presenter tvOne, Brigita Manohara, mengaku pernah menerima uang dari Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. Dia mengungkapkan hal itu setelah diperiksa KPK sebagai saksi kasus dugaan suap dengan tersangka Ricky Ham.

"Pada proses (pemeriksaan) tadi saya menyampaikan fakta bahwa saya pernah mengenal tersangka dan saya pernah menerima aliran dana serta hadiah dari tersangka sebagai apresiasi atas profesi saya, yakni presenter dan konsultan komunikasi," kata Brigita Manohara di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (25/7/2022).

Brigita enggan menjelaskan, jumlah uang yang diterimanya dari Ricky Ham Pagawak. Dia mengaku siap mengembalikan uang itu jika memang berasal dari hasil korupsi.

"Yang penting di sini saya mau sampaikan bahwa seluruh aliran dana dan hadiah yang ini, dinilai merupakan hasil korupsi, akan saya kembalikan kepada negara," jelasnya.

(dek/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT