ADVERTISEMENT

Heli Apache AS Ikut Latihan Tembak di Korsel, Pertama Sejak 2019

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 25 Jul 2022 13:21 WIB
A member of Special Weapon and Tactics (SWAT) rappels down during an anti-terror drill as a part of the Ulchi Freedom Guardian exercise in Goyang, South Korea August 21, 2017. REUTERS/Kim Hong-Ji
Ilustrasi -- Latihan militer gabungan AS dan Korsel (dok. REUTERS/Kim Hong-Ji)
Seoul -

Sejumlah helikopter serbu Apache milik militer Amerika Serikat (AS) menggelar latihan tembak langsung dengan roket dan berbagai persenjataan di Korea Selatan (Korsel). Ini menjadi latihan tembak pertama yang diikuti AS di wilayah Korsel sejak tahun 2019.

Seperti dilansir Reuters, Senin (25/7/2022), AS dan Korsel yang bersekutu diketahui semakin meningkatkan latihan militer di tengah ketegangan dengan Korea Utara (Korut).

Latihan kembali berlanjut di Kompleks Tembak Langsung Rodriguez yang terletak di sebelah selatan Zona Demiliterisasi yang dijaga ketat di sepanjang perbatasan, setelah mengalami pembatalan dalam beberapa tahun terakhir ketika warga lokal mengeluhkan soal kebisingan dan masalah keamanan.

Dalam sepekan terakhir, sejumlah helikopter Apache AH-64E v6 sudah terlibat dalam latihan sertifikasi. Momen itu ditunjukkan dengan sejumlah gambar video dan foto yang dirilis Divisi Infanteri ke-2 AS.

"Para kru memenuhi persyaratan baik siang dan malam dengan rudal Hellfire AGM -114, roket Hydra 70 dan meriam 30 mm," demikian pernyataan Divisi Infanteri ke-2 AS.

Latihan itu digelar ketika kedua negara yang bersekutu itu mengumumkan dilanjutkannya pelatihan lapangan langsung dalam latihan gabungan yang tertunda dalam beberapa tahun terakhir karena pandemi virus Corona (COVID-19) dan upaya-upaya meredakan ketegangan dengan Korut.

Presiden Korsel Yoon Suk-Yeol yang menjabat sejak Mei lalu, bersumpah untuk 'menormalisasi' latihan gabungan dan meningkatkan pencegahan terhadap Korut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT