Biden Positif COVID-19, Presiden China Xi Jinping Kirim Pesan

ADVERTISEMENT

Biden Positif COVID-19, Presiden China Xi Jinping Kirim Pesan

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 22 Jul 2022 16:37 WIB
President Joe Biden meets virtually with Chinese President Xi Jinping from the Roosevelt Room of the White House in Washington, Monday, Nov. 15, 2021. (AP Photo/Susan Walsh)
Pertemuan virtual Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping tahun lalu (dok. AP Photo/Susan Walsh)
Beijing -

Presiden China Xi Jinping mengirimkan pesan simpati kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang baru saja dinyatakan terinfeksi virus Corona (COVID-19). Ini menjadi komunikasi pertama dalam empat bulan terakhir bagi Xi dan Biden saat hubungan kedua negara memburuk akibat berbagai isu.

Seperti dilansir AFP, Jumat (22/7/2022), Biden dalam pernyataan pada Kamis (21/7) waktu setempat menyebut dirinya 'baik-baik saja' setelah dinyatakan positif Corona. Presiden AS berusia 79 tahun ini mengatakan dirinya mengalami gejala-gejala ringan dan akan terus bekerja sambil menjalani isolasi di Gedung Putih.

Pesan simpati dan dukungan dari Xi untuk Biden ini dilaporkan oleh televisi pemerintah China, CCTV, pada Jumat (22/7) waktu setempat.

"Saya ingin menyampaikan simpati mendalam saya kepada Anda dan mengharapkan Anda cepat pulih," tulis Xi dalam pesannya untuk Biden.

Ini menjadi kontak publik pertama antara Xi dan Biden sejak pertemuan puncak yang digelar secara virtual empat bulan lalu, saat hubungan antara China dan AS terus memburuk karena berbagai isu termasuk Taiwan, Ukraina dan persaingan sektor teknologi.

Kedua pemimpin melakukan video conference pada 18 Maret, dengan Biden memperingati Xi untuk tidak membantu Rusia dalam invasi ke Ukraina.

Xi dan Biden sudah saling mengenal selama lebih dari satu dekade dan pernah melakukan perjalanan bersama ketika keduanya masih menjabat wakil presiden.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT