ADVERTISEMENT

18 Orang Tewas Saat Polisi Gerebek Area Kumuh Rio de Janeiro, Publik Marah

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 22 Jul 2022 11:43 WIB
Rio de Janeiro -

Sedikitnya 18 orang tewas dalam penggerebekan besar-besaran yang dilakukan Kepolisian Brasil di area kumuh Rio de Janeiro. Penggerebekan itu menargetkan geng-geng kriminal setempat.

Seperti dilansir AFP, Jumat (22/7/2022), sekitar 400 personel kepolisian dikerahkan dalam penggerebekan di area kumuh bernama Complexo do Alemao pada Kamis (21/7) waktu setempat, dengan didukung 10 kendaraan antipeluru dan empat helikopter.

Target penggerebekan adalah geng-geng kriminal yang merampok kendaraan-kendaraan yang membawa muatan kargo untuk bank dan bisnis lainnya.

Juru bicara Kepolisian Brasil, Ivan Blaz, menuturkan bahwa 16 orang yang tewas merupakan anggota geng kriminal terorganisir. Dua orang lainnya merupakan seorang penegak hukum dan seorang wanita sipil yang tinggal di area kumuh itu.

Namun kantor Pembela Umum dan komisi hak asasi manusia (HAM) Asosiasi Pengacara Brasil menuturkan kepada AFP secara terpisah bahwa mereka mendapatkan informasi sedikitnya 20 prang tewas dalam penggerebekan itu, termasuk seorang penegak hukum dan seorang warga sipil.

Presiden Jair Bolsonaro menyesalkan kematian seorang polisi bernama Bruno de Paula Costa (38), namun tidak menyebut korban tewas lainnya. "Dia tewas setelah bentrokan dengan para penjahat," ucap Bolsonaro dalam pernyataannya via media sosial.

Kolonel Rogerio Lobasso, yang bertanggung jawab atas operasi penggerebekan itu, menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya seorang wanita sipil berusia 50 tahun. Ditegaskan Lobasso bahwa kematian wanita sipil itu masih dalam penyelidikan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT