ADVERTISEMENT

Koalisi Pemerintahan Runtuh, PM Italia Mundur!

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 21 Jul 2022 16:09 WIB
Roma -

Perdana Menteri (PM) Italia Mario Draghi mengajukan pengunduran dirinya kepada Presiden Sergio Mattarella pada Kamis (21/7) waktu setempat. Pengunduran diri diajukan setelah pemerintahan Draghi runtuh, yang membawa Italia ke dalam kekacauan politik dan berdampak parah pada pasar keuangan.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (21/7/2022), kantor kepresidenan Italia dalam pernyataannya menyebut Presiden Mattarella 'mencatat' pengunduran diri Draghi dan memintanya untuk menjadi pelaksana tugas (Plt) untuk sementara waktu.

Pernyataan kantor kepresidenan Italia tidak menyebutkan lebih lanjut soal apa yang akan dilakukan Presiden Mattarella selanjutnya. Sejumlah sumber politik mengatakan awal pekan ini bahwa Presiden Mattarella mungkin akan membubarkan parlemen dan menyerukan digelarnya pemilu awal pada Oktober.

Presiden Mattarella direncanakan bertemu pemimpin kedua majelis dalam parlemen Italia pada Kamis (21/7) sore waktu setempat.

Koalisi pemerintahan Italia runtuh pada Rabu (20/7) waktu setempat ketika tiga mitra utama Draghi menolak mosi tidak percaya yang diserukannya untuk berupaya mengakhiri perpecahan dan memperbarui aliansi mereka yang retak.

Krisis politik yang berlangsung selama berbulan-bulan telah mengakhiri stabilitas di Italia. Obligasi dan saham di Italia merosot tajam pada Kamis (21/7) waktu setempat, ketika pasar bersiap menghadapi kenaikan pertama suku bunga dari Bank Sentral Eropa sejak tahun 2011.

Draghi sendiri sudah mengajukan pengunduran diri pekan lalu setelah salah satu mitra koalisinya, Partai Gerakan Bintang Lima, gagal mendukungnya dalam mosi tidak percaya soal penanganan biaya hidup yang tinggi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT