ADVERTISEMENT

Kepala CIA: Ukraina Bikin China Berpikir Ulang Soal Invasi ke Taiwan

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 21 Jul 2022 12:05 WIB
William Burns, Director of the Central Intelligence Agency (CIA), speaks before introducing US President Joe Biden (off frame) who is visiting the Agency on the 75th anniversary of its founding in Langley, Virginia, on July 8, 2022. (Photo by Samuel Corum / AFP)
Kepala CIA William Burns (AFP/SAMUEL CORUM)
Colorado -

China disebut tampak bertekad untuk menggunakan kekuatannya terhadap Taiwan, yang masih dianggap bagian wilayahnya. Namun pengalaman Rusia di Ukraina dinilai telah mempengaruhi perhitungan Beijing soal bagaimana untuk, bukan apakah akan, menyerang Taiwan.

Seperti dilansir AFP, Kamis (21/7/2022), penilaian itu disampaikan oleh Kepala Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (AS) atau CIA, William Burns, saat berbicara dalam Forum Keamanan Aspen di Colorado, AS, pada Rabu (20/7) waktu setempat.

Dalam pernyataan terbarunya, Burns mengecilkan spekulasi bahwa Presiden China Xi Jinping bisa memerintahkan tindakan terhadap Taiwan setelah pertemuan penting Partai Komunis digelar akhir tahun ini.

"Risiko untuk itu menjadi semakin tinggi, menurut kami, semakin jauh Anda ke dalam dekade ini," sebut Burns dalam forum tersebut.

Disebutkan Burns bahwa China merasa 'gelisah' ketika melihat perang yang dipicu Rusia di Ukraina yang sudah memasuki lima bulan. Burns menyebut invasi ke Ukraina sebagai 'kegagalan strategis' bagi Presiden Rusia Vladimir Putin yang berharap menggulingkan pemerintahan Kiev dalam waktu sepekan.

"Perasaan kami adalah itu mungkin kurang mempengaruhi pertanyaan soal apakah kepemimpinan China mungkin memilih beberapa tahun ke depan untuk menggunakan kekuatan untuk menguasai Taiwan, namun bagaimana dan kapan mereka akan melakukannya," ungkap Burns.

Lebih lanjut, Burn mengatakan bahwa China diyakini telah mengamati secara cermat situasi di Ukraina. "Anda tidak mencapai kemenangan cepat dan menentukan dengan kekuatan yang mengecewakan," ucapnya.

"Saya menduga pelajaran yang diambil oleh kepemimpinan dan militer China adalah Anda harus mengumpulkan kekuatan yang luar biasa jika Anda merenungkannya di masa depan," cetus Burns.

Lihat juga Video: Saat Tank-tank Dikerahkan di Jalanan China, Disebut untuk Lindungi Bank

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT