Turki Sangkal Dalangi Serangan Tewaskan 9 Warga Sipil di Irak

ADVERTISEMENT

Turki Sangkal Dalangi Serangan Tewaskan 9 Warga Sipil di Irak

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 21 Jul 2022 09:53 WIB
Abdul Ameer al-Shammari, deputy commander of Iraqs military Joint Operation Command and Iraqi Foreign Minister Fuad Hussein inspect the site of a Turkish attack on a mountain resort in Iraqs northern province of Dohuk, Iraq, July 20, 2022. REUTERS/Ari Jalal
Wakil Komandan Komando Operasi Gabungan militer Irak Abul Ameer al-Shammari dan Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein menginspeksi lokasi serangan Turki yang menewaskan 9 warga sipil (REUTERS/Ari Jalal)

Otoritas Irak juga menarik pulang charge d'affaires atau kuasa usahanya dari Ankara untuk konsultasi dan memanggil Duta Besar Turki yang ada di Baghdad untuk meminta penjelasan lebih lanjut.

Sementara Dewan Menteri Keamanan Nasional Irak yang dipimpin PM Al-Khademi menuntut permintaan maaf resmi dari Turki beserta 'penarikan pasukan bersenjatanya dari seluruh wilayah Irak'.

Tanpa menyebut PKK, Kementerian Luar Negeri Turki menyinggung soal 'organisasi teroris' yang mungkin bertanggung jawab atas serangan semacam itu.

"Dianggap bahwa serangan semacam itu yang menargetkan warga sipil tidak bersalah dan dinilai diorganisisir oleh organisasi teroris, menargetkan sikap adil dan teguh negara kami dalam memerangi terorisme," demikian disebutkan dalam Kementerian Luar Negeri Turki.

"Turkiye siap mengambil semua langkah untuk mengungkap kebenaran," tegas pernyataan itu.

Kementerian Luar Negeri Turki mengimbau Baghdad untuk tidak menyampaikan pernyataan yang dipengaruhi oleh 'propaganda teroris'.

"Kami mengundang para pejabat pemerintah Irak untuk tidak membuat pernyataan di bahwa pengaruh retorika dan propaganda organisasi teroris berbahaya dan untuk bekerja sama dalam mengungkap pelaku sebenarnya dari insiden tragis ini," cetus Kementerian Luar Negeri Turki.


(nvc/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT