ADVERTISEMENT

6 Polisi Irak Tewas dalam Serangan ISIS

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 16:41 WIB
Ilustrasi militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS)
ilustrasi ISIS (Foto: AFP)
Jakarta -

Enam polisi Irak tewas dalam serangan yang dilakukan para anggota ISIS ke pos mereka di daerah terpencil di utara Baghdad, ibu kota Irak.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (20/7/2022), sumber militer Irak mengatakan bahwa tujuh polisi lainnya luka-luka dalam serangan yang terjadi pada Rabu (20/7) dini hari waktu setempat itu.

"Antara 10 dan 15 petempur kelompok Negara Islam (ISIS) menyerang posisi depan polisi federal tersebut sekitar pukul 00:30. Serangan itu berlangsung sekitar satu jam," kata sumber militer itu, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Para penyerang menyerang di dekat desa Al-Jillam di sebuah wilayah sekitar 140 kilometer (90 mil) utara Baghdad, di mana para militan ISIS tetap aktif.

ISIS mendirikan apa yang disebut kekhalifahan di seluruh wilayah Suriah dan Irak pada tahun 2014. Kelompok itu dikalahkan di Irak pada 2017 setelah serangan-serangan gencar oleh pasukan Irak dengan dukungan koalisi pimpinan Amerika Serikat yang telah mencakup lebih dari 80 negara, di antaranya Inggris, Prancis, dan beberapa negara Arab.

Meskipun otoritas Irak telah menyatakan kemenangan melawan ISIS pada Desember 2017, sisa-sisa kelompok ekstremis itu masih melakukan serangan sporadis terhadap pasukan keamanan, terutama di daerah gurun atau pegunungan yang jarang penduduknya.

Serangan besar terakhir yang diklaim oleh ekstremis Sunni tersebut terjadi pada Juli tahun lalu, ketika mereka mengebom sebuah pasar di distrik Syiah Baghdad di Kota Sadr.

Koalisi pimpinan AS yang dibentuk untuk memerangi ISIS secara resmi mengakhiri misi tempurnya di Irak pada Desember lalu, beralih ke peran pelatihan dan penasihat.

Sebanyak 2.500 tentara AS dan 1.000 pasukan koalisi lainnya telah bertindak sebagai penasihat dan pelatih sejak pertengahan 2020.

Simak juga 'Pangkalan Milisi Yazidi di Irak Dibom Drone, Tewaskan 1 Anak':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT