ADVERTISEMENT

Putin Ungkap Kemajuan soal Gandum dari Ukraina Berkat Erdogan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 02:37 WIB
Russian President Vladimir Putin, right, and Turkish President Recep Tayyip Erdogan talk to each other during their meeting in the Bocharov Ruchei residence in the Black Sea resort of Sochi, Russia, Wednesday, Sept. 29, 2021. (Vladimir Smirnov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Recep Tayyip Erdogan dan Vladimir Putin. (Pool Photo via AP)
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Ucapan terima kasih itu karena menengahi pembicaraan tentang ekspor gandum dari Ukraina, sehingga ada beberapa kemajuan.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih atas upaya mediasi Anda," kata Putin kepada Erdogan selama pertemuan di Teheran dalam keterangan yang dirilis oleh Kremlin seperti dilansir AFP, Rabu (20/7/2022).

"Dengan mediasi Anda, kami telah bergerak maju," kata Putin. "Belum semua masalah terselesaikan, tetapi fakta bahwa ada pergerakan sudah bagus."

Intervensi militer Rusia di Ukraina telah menghambat pengiriman dari salah satu pengekspor gandum dan biji-bijian terbesar di dunia, memicu kekhawatiran akan kekurangan pangan global.

Putin juga mengatakan ada "banyak pertanyaan" tentang Suriah yang dilanda perang yang perlu ditangani.

Dia juga mengatakan bahwa krisis Nagorno-Karabakh, yang menjadi pusat sengketa wilayah antara musuh bebuyutan Armenia dan Azerbaijan, adalah masalah "penting" lainnya untuk dibahas.

Sebelumnya, Putin tiba di Teheran untuk pembicaraan tentang perang Suriah pada pertemuan puncak tiga pihak yang dibayangi oleh dampak dari intervensi Moskow di Ukraina.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Lihat juga Video: Momen Putin-Erdogan Temui Presiden Iran

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT