ADVERTISEMENT

Israel Cegat Drone dari Lebanon, Diduga Milik Hizbullah

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 19 Jul 2022 12:09 WIB
FILE PHOTO: FILE PHOTO: Israeli drilling equipment is seen next to the border with Lebanon, near the Lebanese village of Kfar Kila, seen from the Israels side December 4, 2018. REUTERS/Ronen Zvulun/File Photo/File Photo
Ilustrasi -- Perbatasan Israel dan Lebanon (dok. REUTERS/Ronen Zvulun)
Tel Aviv -

Militer Israel menyatakan pihaknya mencegat sebuah pesawat tanpa awak atau drone yang mengudara dari Lebanon hingga masuk ke wilayah udara negara Yahudi itu. Drone itu diduga kuat milik kelompok Hizbullah yang bermarkas di Lebanon.

Seperti dilansir AFP, Selasa (19/7/2022), drone asing itu terdeteksi mengudara di dalam wilayah udara Israel, tepatnya di bagian utara negara itu, pada Senin (18/7) waktu setempat.

"Para tentara mendeteksi dan mencegat sebuah drone yang menyeberang dari Lebanon ke wilayah Israel," sebut militer Israel dalam pernyataannya.

Ditambahkan militer Israel bahwa drone itu 'kemungkinan milik' kelompok Hizbullah yang didukung Iran.

Awal bulan ini, militer Israel menyatakan berhasil mencegat tiga drone yang diluncurkan oleh Hizbullah. Ketiga drone itu terdeteksi mengudara menuju ladang gas lepas pantai Karish di Mediterania.

Sebuah drone Hizbullah lainnya 'yang mendekati perairan ekonomi Israel' ditembak jatuh pada akhir Juni lalu oleh militer Israel.

Israel diketahui terlibat perang dengan Hizbullah tahun 2006 lalu dan menganggap kelompok itu sebagai salah satu musuh utamanya. Lebanon dan Israel secara teknis tetap berperang dan tidak memiliki hubungan diplomatik. Pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) berpatroli di perbatasan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT