ADVERTISEMENT

Rajapaksa Merana Usai Kabur dari Sri Lanka

Indra Komara - detikNews
Senin, 18 Jul 2022 22:45 WIB
Sri Lanka: Presiden Gotabaya Rajapaksa melarikan diri dari negaranya dengan pesawat militer, siapa yang akan menggantikannya?
Gotabaya Rajapaksa. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa melarikan diri ke luar negeri. Rajapaksa melarikan diri dengan pesawat militer.

Rajapaksa melarikan diri dengan istri dan seorang pengawalnya dengan pesawat militer Antonov-32. Pesawat itu lepas landas dari bandara internasional utama menuju Maladewa pada Rabu Rabu (13/7) pagi waktu setempat, menurut sumber imigrasi.

Sehari setelahnya, Rajapaksa mengundurkan diri. Juru bicara ketua parlemen Sri Lanka, Indunil Yapa, mengatakan Rajapaksa mengirim surat pengunduran diri melalui email kepada ketua parlemen.

Dilansir AFP, Kamis (14/7), Yapa mengatakan pengunduran diri itu diteruskan ke jaksa agung negara itu. Kemudian, jaksa agung akan mempertimbangkan implikasi hukum sebelum diterima secara resmi.

Didemo di Maladewa

Puluhan demonstran di Maladewa kemudian menyambut Rajapaksa. Mereka membawa bendera dan spanduk yang mencela Rajapaksa. Tak hanya itu, pendemo juga meminta pemerintah Maladewa untuk tidak memberikan tempat perlindungan bagi Rajapaksa.

"Teman-teman Maladewa yang terhormat, mohon desak pemerintah Anda untuk tidak melindungi para penjahat," demikian bunyi tulisan spanduk hitam putih yang dipegang oleh warga Sri Lanka yang bekerja di ibu kota kecil negara tersebut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT