ADVERTISEMENT

Pesawat Kargo Jatuh di Yunani Milik Maskapai Ukraina, Disebut Bawa Amunisi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 17 Jul 2022 09:26 WIB
Flames rise at the crash site of an Antonov An-12 cargo plane owned by a Ukrainian company, near Kavala, Greece, July 16, 2022. Laskaris Tsotsas/Eurokinissi via REUTERS ATTENTION EDITORS. THIS IMAGE HAS BEEN PROVIDED BY A THIRD PARTY. NO RESALES. NO ARCHIVES. NO EDITORIAL SALES IN GREECE  NO THIRD PARTY SALES. NOT FOR USE BY REUTERS THIRD PARTY DISTRIBUTORS THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY.
Foto: Pesawat kargo jatuh di Yunani (REUTERS/EUROKINISSI)
Athens -

Pesawat kargo Antonov An-12 yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan yang berbasis di Ukraina jatuh dan meledak di dekat Kota Kavala, Yunani Utara. Pesawat kargo itu disebut membawa amunisi.

Dilansir dari The Guardian, Minggu (17/7/2022), pesawat kargo itu disebut bertolak dari Serbia menuju Yordania. Pesawat kargo itu kemudian meminta izin untuk melakukan pendaratan darurat di dekat Bandara Kavala, namun tidak mencapai tujuan.

Televisi milik pemerintah Yunani, ERT, melaporkan bahwa pesawat kargo itu merupakan maskapai Ukraina. Menurut warga sekitar, pesawat itu sudah dalam kondisi terbakar sebelum jatuh.

Belum ada informasi resmi terkait berapa orang yang ada di pesawat kargo tersebut. Namun, ERT melaporkan bahwa pesawat kargo itu berpenumpang 8 orang dan membawa barang berbahaya. Polisi setempat bahkan meminta awak media yang meliput di lokasi untuk menggunakan masker.

"Anda perlu pergi dari sini untuk keselamatan anda. Ada informasi bahwa pesawat itu membawa amunisi," kata salah satu petugas pemadam kebakaran di lokasi.

Wali Kota Paggaio, kota terdekat lokasi kecelakaan, mengungkapkan bahwa pesawat itu jatuh sekitar 2 kilometer dari daerah berpenduduk.

"Pesawat itu jatuh sekitar dua kilometer (satu mil) jauhnya dari daerah berpenghuni," kata Filippos Anastasiadis, wali kota kota terdekat Paggaio, mengatakan kepada Open TV.

Seorang warga lokal, Giorgos Archontopoulos mengungkapkan bahwa pesawat Antonov itu terbakar sebelum akhirnya terjatuh. Dia kemudian mendengar suara ledakan.

Archontopoulos mengaku merasa ada yang salah saat dia mendengar suara mesin pesawat.

"Pada pukul 22.45 saya terkejut saat mendengar suara mesin pesawat. Saya kemudian keluar dan melihat pesawat sedang terbakar," ungkapnya.

Lihat video 'Rekaman Pesawat Kargo Terbakar di Udara dan Jatuh di Yunani':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT