ADVERTISEMENT

Cegah Senjata Nuklir Iran, AS Akan Gunakan Semua Kekuatan Nasional!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 11:55 WIB
The U.S national flag is seen tied around a flag pole at the U.S. Embassy in Tel Aviv, Israel December 6, 2017. REUTERS/Amir Cohen
ilustrasi (Foto: Dok. REUTERS/Amir Cohen)
Jakarta -

Amerika Serikat akan menggunakan "semua elemen kekuatan nasionalnya" untuk menghentikan Iran memperoleh senjata nuklir. Demikian pernyataan bersama yang tertuang dalam deklarasi keamanan yang ditandatangani Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri (PM) Israel Yair Lapid pada hari Kamis (14/7).

Dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (15/7/2022), dalam dokumen yang ditandatangani saat kunjungan Biden ke Yerusalem itu, kedua negara "menegaskan kembali ikatan yang tidak dapat dipatahkan antara kedua negara kami dan komitmen abadi Amerika Serikat terhadap keamanan Israel."

Dalam deklarasi keamanan itu juga disebutkan bahwa Washington berkomitmen untuk "tidak pernah mengizinkan Iran memperoleh senjata nuklir."

"Amerika Serikat siap untuk menggunakan semua elemen kekuatan nasionalnya untuk memastikan hal itu," demikian bunyi deklarasi keamanan Israel-AS, yang disebut "Deklarasi Bersama Kemitraan Strategis AS-Israel Yerusalem."

Pernyataan tersebut ditandatangani saat Biden bertemu dengan para pejabat Israel pada hari kedua tur Timur Tengah pertamanya sebagai presiden. Delegasi Biden selanjutnya akan terbang ke Arab Saudi, saingan regional utama Iran, menyusul pembicaraan pada Jumat (15/7) dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas.

Lapid sebelumnya telah mengatakan bahwa melawan Iran akan menjadi hal utama yang dibahas selama pembicaraan dengan Biden.

Dalam deklarasi bersama tersebut, "Amerika Serikat menegaskan kembali komitmennya yang teguh untuk melestarikan dan memperkuat kemampuan Israel untuk menghalangi musuh-musuhnya dan untuk mempertahankan dirinya sendiri terhadap ancaman atau kombinasi ancaman apa pun."

Simak Video 'Gedung Putih Tuding Ada "Bantuan Udara" Iran untuk Rusia':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT