Bos FBI dan MI5 Kompak Peringatkan Ancaman Spionase China!

ADVERTISEMENT

Bos FBI dan MI5 Kompak Peringatkan Ancaman Spionase China!

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 09:13 WIB
FBI Director Christopher Wray testifies on July 23, 2019, during a full committee hearing on the Oversight of the Federal Bureau of Investigation at the US Congress in Washington, DC. (Photo by SAUL LOEB / AFP)
Direktur FBI Christopher Wray (dok. SAUL LOEB/AFP)

Dalam forum yang sama, Wray menyebut ancaman China menjadi 'bahaya yang kompleks, tahan lama dan meluas' bagi AS dan Inggris, juga negara-negara sekutu lainnya.

"China bersiap untuk mencuri teknologi Anda, apapun yang membuat industri Anda bergerak, dan menggunakannya untuk melemahkan bisnis Anda dan mendominasi pasar Anda," cetusnya.

Baik McCallum maupun Wray juga memperingatkan bahwa invasi China terhadap Taiwan, jika terjadi nanti, akan memicu gangguan besar pada perdagangan dan industri global. Keduanya mendesak kalangan bisnis untuk tetap waspada dan melaporkan dugaan ancaman yang muncul.

"Partai Komunis China tertarik pada sistem demokrasi, media dan sistem hukum kita. Sayangnya, tidak untuk menyamainya, tapi untuk memanfaatkannya demi keuntungan mereka," sebut McCallum.

Dalam tanggapannya, China menolak mentah-mentah tuduhan itu dengan menyebutnya 'sama sekali tidak berdasar'.

"Apa yang disebut sebagai kasus-kasus yang mereka ungkapkan murni seperti mengejar bayangan," sebut juru bicara Kedutaan Besar China di Inggris dalam pernyataan via situs resminya.

"Mereka menyebarkan semua macam kebohongan soal China untuk mencoreng sistem politik China, memicu sentimen anti-China dan pengucilan, dan mengalihkan perhatian publik demi menutupi perbuatan keji mereka sendiri," tuduhnya.


(nvc/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT