ADVERTISEMENT

Bos FBI dan MI5 Kompak Peringatkan Ancaman Spionase China!

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 09:13 WIB
FBI Director Christopher Wray testifies on July 23, 2019, during a full committee hearing on the Oversight of the Federal Bureau of Investigation at the US Congress in Washington, DC. (Photo by SAUL LOEB / AFP)
Direktur FBI Christopher Wray (dok. SAUL LOEB/AFP)
London -

Direktur Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) dan kepala dinas intelijen domestik Inggris, MI5, kompak memperingatkan ancaman spionase komersial oleh China terhadap negara-negara Barat. Peringatan ini disampaikan dalam pernyataan gabungan yang tergolong langka antara FBI dan MI5.

Seperti dilansir AFP, Kamis (7/7/2022), pernyataan gabungan itu disampaikan oleh Direktur FBI Chris Wray dan Direktur Jenderal MI5 Ken McCallum di markas MI5 di London pada Rabu (6/7) waktu setempat.

Berbicara kepada jajaran pejabat dan eksekutif bisnis di Thames House, Wray dan McCallum memperingatkan ancaman dari mata-mata China merupakan yang terpenting bagi kedua negara dan ancaman itu akan terus berkembang.

Disebutkan lebih lanjut oleh McCallum bahwa MI5 telah secara tajam memperluas operasinya yang difokuskan pada China.

"Hari ini kami melakukan penyelidikan tujuh kali lipat lebih banyak dibandingkan yang kami lakukan tahun 2018," ungkapnya.

"Kami berencana untuk berkembang besar kembali, sembari juga mempertahankan upaya signifikan terhadap ancaman rahasia dari Rusia dan Iran," tegas McCallum dalam pernyataannya.

McCallum menyebut intelijen China mengambil pendekatan yang lambat dan penuh kesabaran untuk mengembangkan sumber-sumber dan mendapatkan akses pada informasi, dan beberapa pihak yang menjadi target menyadari hal itu.

"Aktivitas kejahatan sedang terjadi di tanah Inggris sekarang," sebutnya.

"Berdasarkan volume, sebagian besar yang menjadi risiko dari agresi Partai Komunis China bukanlah urusan saya. Itu urusan Anda -- keahlian, teknologi, penelitian dan keungungan komersial terkemuka dunia yang dikembangkan dan dipegang oleh orang-orang di ruangan ini, dan pihak-pihak lain yang seperti Anda," imbuh McCallum.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT