ADVERTISEMENT

Polisi Sebut Beberapa Korban Tewas dalam Penembakan di Mal Kopenhagen

Eva Safitri - detikNews
Senin, 04 Jul 2022 05:40 WIB
ilustrasi penembakan
Ilustrasi penembakan (Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono)
Jakarta -

Polisi menyebut beberapa korban tewas dan beberapa terluka dalam penembakan di Mal Kopenhagen, Denmark. Namun tidak disebutkan rinci jumlahnya.

"Kami sekarang tahu bahwa ada beberapa yang tewas," kata Kepala Polisi Kopenhagen Soren Thomassen kepada wartawan, seperti dilansir dari AFP, Senin (4/7/2022).

Thomassen menyebut pelaku yang telah ditangkap merupakan warga Denmark berusia 22 tahun. Dia menyebut kemungkinan pelaku ini bertindak sendiri "etnis Dane", masih terlalu dini untuk menetapkan motif.

"Kami menyelidikinya sebagai tindakan, di mana kami tidak dapat mengecualikan, bahwa itu adalah teror," kata Thomassen.

Mereka tidak menemukan indikasi bahwa pria itu telah bertindak bersama dengan orang lain, dan polisi terus meningkatkan kehadirannya di sekitar pusat perbelanjaan dan di seluruh Kopenhagen, tambahnya.

Serangan itu terjadi dua hari setelah kompetisi bersepeda Tour de France tahun ini dimulai dari Kopenhagen, dan penyelenggara Tour mengeluarkan pernyataan yang menyatakan simpati mereka.

"Seluruh karavan Tour de France mengirimkan belasungkawa yang tulus kepada para korban dan keluarga mereka," katanya.

Saksi mata yang dikutip oleh media Denmark menggambarkan bagaimana tersangka mencoba menipu orang dengan mengatakan senjatanya palsu, untuk membuat mereka mendekat.

"Dia cukup psikopat untuk pergi dan berburu orang, tapi dia tidak lari," kata seorang saksi mata kepada televisi pemerintah DR.

Saksi mata lainnya mengatakan kepada media Denmark bahwa mereka telah melihat lebih dari 100 orang bergegas menuju pintu keluar mal saat tembakan pertama dilepaskan.

"Kami bisa melihat banyak orang tiba-tiba berlari menuju pintu keluar dan kemudian kami mendengar suara ledakan," kata Thea Schmidt, yang berada di mal pada saat serangan itu kepada penyiar TV2. "Kalau begitu kita juga kehabisan Field."

Simak juga Video: Pria di Manhattan Tembak Ibu Muda Saat Dorong Stroller Bayi

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT