ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 19:19 WIB
Rescue workers work at the scene of a missile strike at a location given as Bilhorod-Dnistrovskyi, Odesa region, Ukraine, in this handout image released July 1, 2022.? State Emergency Services of Ukraine/Handout via REUTERS
Dampak kerusakan pada gedung apartemen di Odesa, Ukraina, yang terkena serangan rudal Rusia (State Emergency Services of Ukraine/Handout via REUTERS)

- Masjid di Berlin Pasang Bendera Pelangi Dukung LGBT

Sebuah masjid di Berlin menjadi yang pertama di Jerman memasang bendera pelangi di gedungnya untuk mendukung komunitas LGBT. Pemasangan bendera pelangi itu dilakukan menjelang digelarnya dua acara komunitas gay di Berlin bulan ini.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (2/7/2022), Masjid Ibn Rushd-Goethe yang terletak di kawasan Moabit membentangkan sebuah bendera pelangi sebelum Salat Jumat digelar pada Jumat (1/7) waktu setempat. Pemasangan itu dilakukan di depan kerumunan sejumlah orang, termasuk Senator budaya Berlin Klaus Lederer.

Banyak orang yang hadir tampak memakai stiker bernuansa pelangi dengan tulisan berbunyi "Cinta itu Halal".

- Serangan Rudal Tewaskan 21 Orang, Rusia: Kami Tak Serang Target Sipil!

Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia menegaskan pasukannya yang tengah melakukan operasi militer khusus di Ukraina selalu menghindari untuk mengenai fasilitas sipil dan tetap fokus sepenuhnya pada target-target militer juga lokasi pelatihan para tentara bayaran.

Penegasan ini disampaikan setelah Ukraina melaporkan serangan rudal Rusia menghantam gedung apartemen sembilan lantai dan pusat rekreasi di wilayah Odesa. Sedikitnya 21 orang termasuk anak-anak tewas akibat serangan rudal itu, dengan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.

"Saya ingin mengingatkan Anda sekali lagi bahwa Presiden dan panglima tertinggi Rusia telah berulang kali mengatakan bahwa tentara Rusia selama operasi militer khusus tidak menyerang target sipil atau infrastruktur sipil," tegas juru bicara Kremlin Dmitry Peskov seperti dilansir kantor berita Rusia, TASS, Sabtu (2/7/2022).

- India Tangkap Dalang Utama Pemenggalan Pendukung Penghina Nabi

Kepolisian India melakukan penangkapan baru terkait kasus pembunuhan seorang pria Hindu yang mendukung politikus Partai Bharatiya Janata (BJP) yang menghina Nabi Muhammad. Kepolisian mengumumkan pihaknya berhasil menangkap dalang utama terkait pembunuhan itu.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (2/7/2022), kasus ini meningkatkan ketegangan antara warga Hindu yang mayoritas dan warga Muslim yang minoritas di India. Demi mencegah kerusuhan sektarian, otoritas India pun melarang kegiatan berkumpul dan memutus akses ke internet untuk sementara waktu.

Tiga pejabat senior Kepolisian Udaipur, lokasi pembunuhan, mengumumkan pada Sabtu (2/7) waktu setempat bahwa dua pria Muslim ditahan atas dugaan merencanakan pembunuhan seorang pria Hindu yang berprofesi sebagai penjahit itu.

Pembunuhan itu dilakukan oleh dua pria Muslim lainnya, yang sudah terlebih dulu ditahan oleh polisi, usai kejahatan keji itu terjadi di dalam toko jahit milik korban yang ada di Udaipur, pekan lalu.


(nvc/nvc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT