ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 19:19 WIB
Rescue workers work at the scene of a missile strike at a location given as Bilhorod-Dnistrovskyi, Odesa region, Ukraine, in this handout image released July 1, 2022.? State Emergency Services of Ukraine/Handout via REUTERS
Dampak kerusakan pada gedung apartemen di Odesa, Ukraina, yang terkena serangan rudal Rusia (State Emergency Services of Ukraine/Handout via REUTERS)
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia terlibat dalam 'teror' terkait serangan rudal yang menewaskan sedikitnya 21 orang di wilayah Odesa. Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia membantah terlibat dengan menegaskan pasukannya selalu menghindari untuk mengenai fasilitas sipil dalam serangannya.

Zelensky menyebut tiga rudal Rusia mengenai sebuah gedung apartemen sembilan lantai yang ditinggali warga sipil dan tidak ada seorangpun yang menyembunyikan senjata atau peralatan militer di sana. Dia menilai serangan rudal Rusia itu disengaja.

Sementara juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menegaskan bahwa tentara Rusia tidak menyerang target sipil atau infrastruktur sipil di Ukraina. Dia mengklaim pasukan Moskow hanya menyerang target-target militer dan lokasi pelatihan para tentara bayaran.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (2/7/2022):

- AS Kirim Sistem Rudal Canggih-Ratusan Ribu Peluru Artileri ke Ukraina

Amerika Serikat (AS) mengirimkan dua sistem rudal permukaan-ke-udara NASAMS yang canggih ke Ukraina yang terus diinvasi Rusia. Empat tambahan radar penangkal artileri dan 150.000 butir peluru amunisi 155 mm juga akan dikirimkan oleh AS ke Kiev sebagai bagian dari paket persenjataan terbaru untuk Ukraina.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (2/7/2022), paket bantuan senilai US$ 820 juta (Rp 12,2 triliun) itu diumumkan oleh Presiden Joe Biden pada Kamis (30/6) waktu setempat, di Madrid, Spanyol, setelah pertemuan para pemimpin aliansi NATO yang difokuskan pada invasi Rusia ke Ukraina.

"Warga Ukraina terus menghadapi kebrutalan yang sekali lagi tersorot pekan ini oleh serangan yang menghantam sebuah pusat perbelanjaan yang dipenuhi warga sipil. Mereka terus berjuang untuk negara mereka, dan Amerika Serikat terus mendukung mereka dan perjuangan mereka," ucap Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken dalam pernyataan membahas paket bantuan untuk Ukraina.

- Serangan Rudal Rusia Tewaskan 21 Orang, Zelensky: Ini Teror Disengaja!

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia terlibat dalam 'teror' negara terkait rentetan serangan rudal yang menewaskan sedikitnya 21 orang di kota pelabuhan Odesa. Zelensky menyebut serangan Rusia yang mengenai apartemen dan pusat rekreasi itu disengaja.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (2/7/2022), serangan rudal Rusia dilaporkan mengenai sebuah gedung apartemen dan sebuah pusat rekreasi di kota Sergiyvka yang berjarak 80 kilometer sebelah selatan kota pelabuhan Odesa, yang menjadi titik pertempuran strategis sejak Rusia menginvasi empat bulan lalu.

Disebutkan Zelensky bahwa salah satu korban tewas merupakan seorang bocah laki-laki berusia 12 tahun. Dia menambahkan bahwa sekitar 40 orang lainnya mengalami luka-luka dan jumlah korban tewas masih mungkin bertambah lagi.

Simak Video 'Serangan Rudal Hantam Apartemen Ukraina, Zelensky: Teror Disengaja!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT