ADVERTISEMENT

Puluhan Diplomatnya Diusir, Rusia Ancam Tutup Kedubes di Bulgaria

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 15:40 WIB
Ilustrasi bendera Rusia
Ilustrasi (dok. Anadolu Agency)
Sofia -

Rusia mengancam akan menutup Kedutaan Besarnya (Kedubes) di Bulgaria setelah puluhan diplomatnya diusir dari ibu kota Sofia. Jumlah diplomat Rusia yang diusir dari Bulgaria ini menjadi yang terbanyak di antara negara-negara Balkan menyusul invasi Moskow ke Ukraina.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (2/7/2022), ketegangan antara Rusia dan negara-negara Eropa lainnya semakin memuncak setelah invasi ke Ukraina dan mencuatnya kekhawatiran spionase. Penutupan Kedubes Rusia di Sofia diketahui akan berdampak pada penutupan misi diplomatik Bulgaria di Moskow.

Pekan ini, Perdana Menteri (PM) Bulgaria Kiril Petkov mengumumkan negaranya akan mengusir 70 staf diplomatik Rusia dari wilayahnya.

Menanggapi pengumuman itu, Duta Besar Rusia untuk Bulgaria, Eleonora Mitrofanova, menyatakan pada Jumat (1/7) waktu setempat bahwa dirinya akan mengajukan petisi kepada pemerintah Rusia untuk menutup Kedubes negaranya di Sofia, ibu kota Bulgaria.

"Sangat disayangkan, seruan kami kepada Kementerian Luar Negeri Bulgaria telah diabaikan," ucap Mitrofanova dalam pernyataan yang dirilis Kedubes Rusia, merujuk pada seruan untuk membatalkan pengusiran puluhan diplomat Rusia itu.

Dituturkan Mitrofanova bahwa dirinya 'segera' merencanakan untuk meminta pemimpin Rusia menutup 'Kedutaan Besar Rusia di Bulgaria, yang pasti akan mengarah pada penutupan misi diplomatik Bulgaria di Moskow'.

Dalam tanggapannya, juru bicara Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, mengatakan bahwa Kementerian Luar Negeri Rusia akan segera memeriksa usulan Mitrofaova dan 'jika diperlukan' akan membawa usulan itu kepada Presiden Vladimir Putin.

Simak Video 'Merek-merek Barat Mulai Menghilang dari Mall di Moskow':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT