ADVERTISEMENT

Erdogan Ingatkan Turki Masih Bisa Gagalkan Finlandia-Swedia Masuk NATO

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 14:12 WIB
President of Turkey Recep Tayyip Erdogan makes a statement after chairing the cabinet meeting in Ankara, on December 14, 2020. (Photo by Adem ALTAN / AFP)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (dok. AFP/ADEM ALTAN)
Madrid -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melontarkan peringatan pada Finlandia dan Swedia bahwa dirinya masih bisa memveto upaya kedua negara Nordik itu untuk bergabung dengan aliansi militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Seperti dilansir AFP, Jumat (1/7/2022), Erdogan menyatakan pemblokiran mungkin terjadi jika Finlandia dan Swedia gagal menerapkan kesepakatan baru yang dicapai dengan Turki.

Peringatan blak-blakan itu dilontarkan Erdogan pada akhir pertemuan puncak atau KTT NATO yang digelar di Madrid, Spanyol. Dalam KTT itu, aliansi militer yang dipimpin Amerika Serikat (AS) itu secara resmi mengundang Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan blok beranggotakan 30 negara itu.

Kedua negara itu diketahui melepaskan status nonblok mereka dan mengumumkan rencana untuk bergabung NATO merespons invasi militer yang dilancarkan Rusia ke Ukraina.

Rencana kedua negara itu sempat menuai keberatan dari Erdogan, yang menuduh kedua negara itu memberikan tempat perlindungan pada militan Kurdi yang ilegal di Ankara dan mempromosikan 'terorisme'.

Erdogan juga menuntut kedua negara untuk mencabut embargo senjata yang diberlakukan untuk merespons penyerbuan militer Turki ke Suriah tahun 2019 lalu.

Memorandum berisi 10 poin telah ditandatangani oleh ketiga negara itu -- Turki, Finlandia dan Swedia -- di sela-sela KTT NATO pada Selasa (28/6) waktu setempat. Memorandum itu tampaknya memuat banyak kekhawatiran Erdogan.

Erdogan kemudian mencabut keberatannya terhadap bergabungnya Finlandia dan Swedia dengan NATO, kemudian menggelar pertemuan hangat dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang diikuti dengan janji penjualan pesawat tempur baru untuk Turki.

Simak video 'Suasana Pertemuan KTT NATO, Momen Erdogan-Boris Johnson Jadi Sorotan':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT