ADVERTISEMENT

Kanada Pastikan Akan Hadiri KTT G20 di Bali Meski Putin Datang

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 02:19 WIB
Canadas Prime Minister Justin Trudeau, with government officials and gun-control advocates, speaks at a news conference about firearm-control legislation that was tabled today in the House of Commons in Ottawa, Ontario, Canada May 30, 2022. REUTERS/Blair Gable
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (Foto: REUTERS/BLAIR GABLE)
Ottawa -

Otoritas Kanada memastikan akan tetap menghadiri KTT G20 di Bali, Indonesia, meski presiden Rusia Vladimir Putin hadir. Hal ini dikonfirmasi oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Dilansir AFP, Kamis (30/6/2022), Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20. Rencana kehadiran Presiden Rusia, Vladimir Putin menjadi sorotan usai gegara konflik di Ukraina.

"Kami berharap Kanada dan semua anggota G7 akan hadir di G20," ujar Trudeau ketika ditanya apakah Kanada bakal hadir meski Putin datang.

"Pembicaraan tentang ekonomi global terlalu penting. Terlalu penting bagi kita untuk berada di sana untuk melawan suara dan kebohongan yang mungkin akan diajukan Rusia. Masih ada beberapa bulan lagi sebelum itu dan apa pun bisa terjadi," tambahnya.

Diketahui, negara G7 terdiri dari Kanada, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Amerika Serikat. Indonesia diketahui berupaya mempertahankan posisi netral dan menyerukan resolusi damai terkait apa yang terjadi di Ukraina.

Jokowi Temui Zelensky

Presiden Jokowi baru saja bertemu dengan Presiden Ukraina Zelensky. Kepada Zelensky, Jokowi menawarkan diri sebagai penyampai pesan untuk Vladimir Putin.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi juga menyampaikan undangan secara langsung kepada Zelensky untuk berpartisipasi dalam KTT G20 di Bali pada November mendatang. Selain itu, Jokowi menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus menjalin kerja sama dengan Ukraina.

Saat ini Jokowi sudah mendarat di Bandara Vnukovo II di Moskow, Rusia, untuk segera bertemu Vladimir Putin.

Simak Video 'Saat Jokowi Jembatani Komunikasi Zelensky-Putin':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT