ADVERTISEMENT

Disebut Jadi Ancaman Bagi NATO, Begini Reaksi China

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 17:45 WIB
Ilustrasi bendera China/ebcitizen.com
Foto: Internet/ebcitizen.com
Jakarta -

Pemerintah China mengecam pernyataan Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dalam KTT NATO di Madrid, Spanyol. Dalam pertemuan itu, NATO menyatakan bahwa kekuatan China telah menantang aliansi militer tersebut.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (30/6/2022), Beijing menyebut pernyataan NATO tersebut "benar-benar sia-sia". Tanggapan itu muncul setelah konsep strategis NATO, yang diterbitkan pada pertemuan puncak di Madrid, menyatakan ambisi dan kebijakan koersif Beijing telah menantang kepentingan, keamanan, dan nilai-nilai NATO.

NATO juga mengatakan bahwa hubungan China yang lebih dekat dengan Rusia bertentangan dengan kepentingan Barat. Hal ini mendapat tanggapan yang berapi-api dari Beijing.

"Apa yang disebut dokumen konsep strategis baru NATO itu mengabaikan fakta, membingungkan hitam dan putih ... (dan) menodai kebijakan luar negeri China," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian pada briefing reguler.

Dia menambahkan bahwa China "dengan tegas menentangnya".

"Kami ingin memperingatkan NATO bahwa melebih-lebihkan apa yang disebut ancaman China itu benar-benar sia-sia," kata Zhao kepada wartawan.

Beijing selama ini telah menolak untuk mengutuk sekutunya Rusia atas invasi ke Ukraina. Kedua negara itu telah semakin dekat dalam bidang politik, perdagangan dan militer sebagai bagian dari hubungan "tanpa batas".

Bulan ini, Presiden China Xi Jinping meyakinkan rekannya, Presiden Vladimir Putin tentang dukungan China pada "kedaulatan dan keamanan" Rusia.

Lihat juga Video: Erdogan Sebut Pertemuan Pertama dengan Biden Tak Ada Terobosan

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT