ADVERTISEMENT

Loh! Ada Menu Makanan Rusia di KTT NATO di Madrid

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 17:37 WIB
Russian salad is seen in a menu at the NATO summit media centre restaurant in Madrid, Spain, June 28, 2022. REUTERS/Sabine Siebold
Menu 'Salad Rusia' ditemukan di restoran yang ada di media centre KTT NATO di Madrid, Spanyol (REUTERS/Sabine Siebold)
Madrid -

Makanan Rusia ditawarkan dalam menu restoran yang ada di kompleks Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang digelar pekan ini di pinggiran Madrid, Spanyol. Menu bernama 'Salad Rusia' itu membuat para pejabat internasional dan jurnalis kaget juga heran.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (29/6/2022), menu bernama 'potatoes salad Russian style' itu ditemukan di sebuah restoran yang ada di media centre KTT NATO di Madrid pada Selasa (28/6) waktu setempat.

Makanan bernama 'Salad Rusia' yang pada dasarnya merupakan campuran kacang-kacangan, kentang, wortel dan mayones itu diketahui menjadi makanan pokok dalam menu restoran Spanyol.

Namun ditawarkannya makanan khas Rusia itu dalam pertemuan puncak internasional di mana Moskow akan diberi label 'ancaman keamanan' sebagai konsep strategis baru NATO terkait invasi ke Ukraina, jelas memicu kekhawatiran.

"Salad Rusia di KTT NATO? Saya sedikit terkejut dengan pilihan hidangan itu," tutur seorang jurnalis yang meliput KTT NATO, Inaki Lopez, kepada media lokal Spanyol, La Sexta.

Namun demikian, kandungan karbohidrat tinggi dalam makanan ini tampaknya mengalahkan nama menunya yang dipertanyakan. Dilaporkan bahwa menu 'Salad Rusia' itu terjual habis hanya dalam beberapa jam.

Sementara itu, pemikiran yang lebih diplomatis diterapkan pada menu yang disajikan untuk para Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri yang menghadiri jamuan makan di Baroque Santa Cruz Palace di pusat Madrid pada Selasa (28/6) malam waktu setempat.

Jose Andres, seorang chef Spanyol yang tampil dalam tayangan Netflix berjudul "Chef's Table" yang mengatur menu jamuan makan itu, menyajikan makanan khas Spanyol, classic tapa, dengan menambahkan 'pangsit tomat' dan menamainya 'Salad Ukraina' seperti yang dilakukannya di seluruh restorannya di Spanyol.

(nvc/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT