ADVERTISEMENT

Eks Penjaga Kamp Nazi Berusia 101 Tahun Dibui 5 Tahun

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 17:18 WIB
Ilustrasi penjara
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/Fahroni)
Berlin -

Pengadilan Jerman menjatuhkan vonis lima tahun penjara pada seorang mantan penjaga kamp konsentrasi Nazi. Kakek berusia 101 tahun ini menjadi terdakwa paling tua yang diadili terkait keterlibatan dalam kejahatan perang selama Holocaust.

Seperti dilansir AFP, Selasa (28/6/2022), Josef Schuetz (101) dinyatakan bersalah atas dakwaan pendukung untuk pembunuhan saat bekerja sebagai penjaga penjara di kamp Sachsenhausen di Oranienburg, sebelah utara Berlin, antara tahun 1942 hingga tahun 1945 silam.

Hakim Udo Lechtermann menjatuhkan hukuman lima tahun penjara terhadap Schuetz dalam persidangan pada Selasa (28/6) waktu setempat.

Schuetz yang seorang pensiunan dan tinggal di Brandenburg ini menyatakan dirinya tidak bersalah atas dakwaan yang dijeratkan. Dia mengklaim dirinya 'sama sekali tidak melakukan apa-apa' dan tidak menyadari kejahatan mengerikan yang dilakukan di kamp tersebut.

"Saya tidak tahu mengapa saya ada di sini," ucap Schuetz dalam pernyataan penutup dalam persidangan pada Senin (27/6) waktu setempat.

Namun jaksa menuntut menegaskan Schuetz 'secara sadar dan bersedia' berpartisipasi dalam pembunuhan 3.518 tahanan di kamp tersebut dan menuntut agar dia dihukum lima tahun penjara.

Lebih dari 200.000 orang, termasuk orang Yahudi, Roma, penentang rezim dan kaum gay, ditahan di kamp Sachsenhausen antara tahun 1936 hingga tahun 1945.

Menurut Memorial dan Museum Sachsenhausen, puluhan ribu tahanan tewas karena kerja paksa, pembunuhan, eksperimen medis, kelaparan atau penyakit sebelum kamp dibebaskan oleh pasukan Uni Soviet.

Simak juga video 'Rusia Hancurkan Bangunan Sekolah di Ukraina, Zelenskiy: Kejahatan Nazi di Eropa':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT