Pemimpin Dunia Ramai-ramai Kutuk Serangan Rusia ke Mal Ukraina

ADVERTISEMENT

Pemimpin Dunia Ramai-ramai Kutuk Serangan Rusia ke Mal Ukraina

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 10:35 WIB
Pusat perbelanjaan di Kremenchuk, Ukraina, dihantam rudal Rusia. Tak hanya menghancurkan bangunan mal, sebanyak 16 orang dilaporkan tewas akibat serangan itu.
Dampak kehancuran di pusat perbelanjaan Ukraina yang digempur rudal Rusia (dok. Reuters)

Presiden Prancis Emmanuel Macron menyebut serangan itu sebagai 'kekejian' dalam tanggapan yang disampaikan via Twitter, dengan menyertakan video mal Ukraina terbakar.

"Pengeboman Rusia terhadap sebuah pusat perbelanjaan di Kremenchuk merupakan kekejian," tegas Macron dalam bahasa Inggris. "Kami berbagi rasa sakit yang dirasakan keluarga korban, dan kemarahan dalam menghadapi kekejaman seperti itu. Rakyat Rusia harus melihat kebenarannya," imbuhnya.

Tak ketinggalan, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) juga mengecam serangan rudal Rusia terhadap mal Ukraina yang disebut 'benar-benar tercela'.

"Berapa pun jumlah korbannya, serangan apapun yang menghantam sebuah pusat perbelanjaan benar-benar tercela," tegas juru bicara PBB Stephane Dujarric, seperti dikutip dari situs resmi PBB.

"Infrastruktur sipil apapun, yang mencakup pusat perbelanjaan yang jelas, dan warga sipil, tidak seharusnya menjadi target," imbuhnya.

Belum ada tanggapan resmi pemerintah Rusia soal laporan serangan rudal terhadap mal Ukraina itu.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT