ADVERTISEMENT

Perkuat NATO, Kanada Kirim 2 Kapal Perang ke Laut Baltik

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 12:02 WIB
Canadian Flag
Ilustrasi (dok. iStock)
Ottawa -

Kanada mengerahkan dua kapal perangnya ke perairan Laut Baltik dan Atlantik Utara pada Minggu (26/6) waktu setempat. Dua kapal perang Kanada itu bergabung dengan sepasang kapal fregat yang sudah dikerahkan ke perairan tersebut.

Seperti dilansir AFP, Senin (27/6/2022), Angkatan Laut Kanada dalam pernyataannya pengerahan itu dimaksudkan untuk memperkuat sayap timur aliansi militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dalam merespons invasi Rusia ke Ukraina.

Disebutkan Angkatan Laut Kanada bahwa HMCS Kingston dan HMCS Summerside telah berlayar untuk pengerahan selama empat bulan.

Pengerahan itu disebut sebagai bagian bagian dari 'langkah-langkah pencegahan di Eropa Tengah dan Timur' yang diluncurkan tahun 2014 setelah Rusia mencaplok Crimea dari Ukraina.

Hingga Oktober mendatang, kedua kapal perang Kanada itu akan berpartisipasi dalam latihan pembersihan ranjau laut dan mempertahankan 'kesiapan tinggi' yang memampukan mereka untuk 'merespons dengan cepat dan secara efektif dalam mendukung setiap operasi NATO'.

Dua kapal perang Kanada lainnya, HMCS Halifax dan HMCS Montreal, dijadwalkan akan kembali ke pelabuhan pada Juli mendatang dari misinya yang bernama Operasi Reassurance -- yang merupakan pengerahan terbesar kapal-kapal perang Kanada di luar negeri.

Misi tersebut juga mencakup pengerahan sekitar 700 tentara Kanada di Latvia, dengan kemampuan artileri dan perang elektronik, juga sejumlah pesawat militer.

Lihat juga video '2 Pesawat F-35 AS Pamer Aksi Terbang Melintasi Langit 3 Negara Baltik':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT