ADVERTISEMENT

Zelensky Yakin Bisa Rebut Kembali Kota yang Direbut Rusia Meski Sulit

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 10:01 WIB
Ukrainian President Volodymyr Zelenskiy attends a joint statement with European Commission President Ursula, as Russias invasion of Ukraine continues, in Kyiv, Ukraine June 11, 2022. REUTERS/Valentyn Ogirenko
Foto: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (REUTERS/Valentyn Ogirenko)
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yakin Ukraina akan merebut kembali semua kota yang telah diduduki Rusia, termasuk Sievierodonetsk. Dia mengakui bahwa perang menjadi sulit untuk ditangani.

Dilansir dari Reuters, Minggu (26/6/2022) dalam pidatonya, Zelensky juga mengatakan Ukraina telah dihantam oleh 45 rudal dan roket Rusia selama 24 jam terakhir. Dia mengatakan itu takkan meruntuhkan semangat rakyatnya.

"Oleh karena itu semua kota kami--Sievierodonetsk, Donetsk dan Luhansk--kami akan mendapatkan semuanya kembali," katanya.

Dia menyebut nama kota Sievierodonetsk, yang akhirnya jatuh ke tangan pasukan Moskow pada hari sebelumnya setelah berminggu-minggu pertempuran brutal.

"Pada tahap perang ini sulit secara spiritual, sulit secara emosional... kita tidak tahu berapa lama itu akan berlangsung, berapa banyak lagi serangan, kerugian, dan upaya yang diperlukan sebelum kita melihat kemenangan di cakrawala," tuturnya dengan emosional.

Serangan rudal tanpa henti menegaskan bahwa sanksi terhadap Rusia tidak cukup untuk membantu Ukraina. Dia mengatakan bahwa negaranya membutuhkan lebih banyak senjata.

"Sistem pertahanan udara--sistem modern yang dimiliki mitra kami--tidak boleh berada di tempat pelatihan atau di gudang, tetapi di Ukraina, di mana mereka dibutuhkan sekarang, dibutuhkan lebih dari di tempat lain di dunia," katanya.

Simak Video: Tekad Bulat Jokowi Temui Zelensky-Putin, Ajak Dialog Perdamaian

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT