ADVERTISEMENT

Pelaku Penembakan di Norwegia Telah Dipantau Intelijen Sejak 2015

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 04:39 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Oslo -

Polisi Norwegia telah menangkap seorang pria diduga pelaku penembakan yang menyebabkan 2 orang tewas di dekat bar gay di Oslo, Norwegia. Pelaku yang diduga teroris telah dipantau intelijen Norwegia sejak 2015.

Seperti dilansir AFP, Minggu (26/6/2022), insiden penembakan itu terjadi pada Sabtu (25/6), sekitar pukul 01.00 waktu setempat. Sebanyak 2 orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat penembakan itu.

Pelaku pun kini sudah ditangkap oleh pihak keamanan. Meski begitu, Dinas Intelijen Domestik Norwegia PST, yang bertanggung jawab atas kontra-terorisme, mengatakan serangan merupakan aksi terorisme.

"Tersangka memiliki sejarah panjang kekerasan dan ancaman", kata kepala PST Roger Berg.

Selain itu, Berg mengatakan tersangka juga sebetulnya telah dipantau pihaknya sejak tahun 2015. Bahkan, pihak intelijen Norwegia sempat berbicara dengan pelaku sebulan sebelum kejadian penembakan itu.

"Tersangka telah berada di radar PST sejak 2015 sehubungan dengan kekhawatiran tentang radikalisasi dan keanggotaannya dalam jaringan ekstremis," kata Berg dalam konferensi pers.

"Badan intelijen berbicara dengan tersangka bulan lalu, tetapi tidak menganggapnya memiliki niat kekerasan," lanjut Berg.

Kemudian, dia menambahkan bahwa PST juga mengetahui bahwa tersangka memiliki "kesulitan dengan kesehatan mentalnya".

Sampai saat ini, pelaku yang diduga teroris itu maish menolak untuk dimintai keterangan oleh penyidik.

Simak juga Video: Aksi Teror Pria Berbusur Panah di Norwegia, 5 Orang Tewas

[Gambas:Video 20detik]




(maa/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT