ADVERTISEMENT

Tenggelam 1944, Kapal Perang AS Ditemukan di Kedalaman 7.000 Meter

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 25 Jun 2022 13:43 WIB
The U.S. Capitol is seen between flags placed on the National Mall ahead of the inauguration of President-elect Joe Biden and Vice President-elect Kamala Harris, Monday, Jan. 18, 2021, in Washington.
ilustrasi (Foto: AP/Alex Brandon)
Jakarta -

Sebuah kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat yang tenggelam saat Perang Dunia II, telah ditemukan hampir 7.000 meter (23.000 kaki) di bawah permukaan laut di lepas pantai Filipina. Ini menjadikannya sebagai kapal karam terdalam di dunia yang pernah ditemukan.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (25/6/2022), kapal perusak USS Samuel B Roberts tenggelam selama pertempuran di lepas pantai pulau Samar, Filipina tengah pada 25 Oktober 1944, ketika pasukan AS berjuang untuk membebaskan Filipina - yang saat itu merupakan koloni AS - dari pendudukan Jepang.

Perusahaan teknologi bawah laut yang berbasis di Texas, Caladan Oceanic mengatakan, sebuah kapal selam berawak memfilmkan, memotret, dan mengamati lambung kapal "Sammy B" selama serangkaian penyelaman selama delapan hari pada bulan ini.

"Berada di kedalaman 6.895 meter, sekarang menjadi kapal karam terdalam yang pernah ditemukan dan disurvei," tulis pendiri Caladan Oceanic, Victor Vescovo, yang mengemudikan kapal selam itu, dalam cuitan di Twitter.

"Kapal kecil ini menghadapi Angkatan Laut Jepang yang terbaik, melawan mereka sampai akhir," katanya.

Menurut catatan Angkatan Laut AS, para awak kapal Sammy B "mengapung selama hampir tiga hari menunggu penyelamatan, dengan banyak korban tewas akibat luka dan serangan hiu". Dari 224 awak, 89 meninggal.

Pertempuran itu adalah bagian dari Pertempuran Leyte yang lebih besar, yang menyaksikan pertempuran sengit selama beberapa hari antara pasukan AS dan Jepang.

Simak juga 'Lima Makam Kuno Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Mesir':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT