ADVERTISEMENT

Belgia Bawa Pulang Belasan Anak ISIS-Ibu Mereka dari Suriah

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 16:36 WIB
Women and children gather in front their tents at al-Hol camp that houses some 60,000 refugees, including families and supporters of the Islamic State group, many of them foreign nationals, in Hasakeh province, Syria, Saturday, May 1, 2021. Kurdish officials say security has improved at the sprawling camp in northeast Syria, but concerns are growing of a coronavirus outbreak in the facility. (AP Photo/Baderkhan Ahmad)
kamp pengungsian keluarga ISIS di Suriah (Foto: AP/Baderkhan Ahmad)
Brussels -

Otoritas Belgia menerbangkan pulang 16 anak militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dari sebuah kamp di wilayah Suriah bagian timur laut. Anak-anak militan itu dipulangkan bersama dengan enam ibu mereka yang berkewarganegaraan Belgia.

Seperti dilansir AFP, Selasa (21/6/2022), itu menjadi pengangkutan udara terbesar yang pernah dilakukan oleh otoritas Belgia untuk membawa pulang keluarga militan dari Suriah sejak kejatuhan ISIS tahun 2019 lalu.

"Tadi malam merupakan fase terakhir dari operasi pemulangan 16 anak Belgia dari Suriah, didampingi oleh ibu-ibu mereka yang berkewarganegaraan Belgia," sebut jaksa federal Belgia dalam pernyataannya pada Selasa (21/6) waktu setempat.

"Penerbangan militer itu mendarat semalam pukul 01.30 waktu setempat," imbuh pernyataan itu.

Seorang sumber kehakiman setempat menuturkan kepada AFP bahwa anak-anak yang dipulangkan dari Suriah itu berusia di bawah 12 tahun.

Anak-anak itu, menurut sumber tersebut, dibawa bersama wanita-wanita dari kamp Al-Hol yang dikuasai Kurdi dengan menyeberangi perbatasan Irak melalui jalur darat sebelum naik ke pesawat.

Televisi lokal Belgia, RTBF, melaporkan bahwa para ibu yang juga dipulangkan ke Belgia itu telah dinyatakan bersalah atas dakwaan berpartisipasi dalam aktivitas kelompok teroris. Mereka diserahkan kepada otoritas yurisdiksi pengadilan setibanya di Belgia.

Lihat juga video 'Detik-detik Rudal Israel Ditangkal Pertahanan Udara Suriah':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT